banner 728x250

SP Dukung Kedatangan TKA Cina dan Pekerja Luar Daerah di Gorontalo

  • Bagikan
Supanto Patingki
Foto : Aktivis Gorut, Supanto Patingki,(foto Istimewa).

GORUT, Suaralidik.com – Rencana kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina dan pekerja asal luar daerah, yang rencananya akan dipekerjakan di PLTU Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) akhir-akhir ini mendapatkan kritikan keras dari beberapa Aktifis maupun LSM.

Namun berbeda dengan Supanto Patingki, aktivis asal timur Gorut, tepatnya di Kecamatan Atinggola. Dirinya mendukung rencana pemerintah untuk mendatangkan para TKA dan pekerja luar daerah untuk bekerja di provinsi Gorontalo.

banner 728x250

“Saya berbeda pandangan dengan teman-teman lain. Kedatangan TKA Cina dan pekerja luar daerah yang kurang lebih 800 orang yang nanti akan di pekerjakan di PLTU Tomilito, saya yakin mereka datang bukan sembarang atau sesuka meraka,” tegas Supanto kepada media ini via WhatsApp, Minggu 12/07/2020.

“Saya yakin mereka telah melewati berbagai macam proses peraturan hukum yang berlaku di negri ini. Kedatangan mereka ini merupakan bagian dari perkembangan jaman, dimana sekarang ini kita sedang berhadapan dengan pasar bebas internasional,” sambung Supanto.

Baca Juga : Aktivis Gorut Tolak Rencana Kedatangan TKA Cina dan TKLD

Kalau dulu kata Supanto, kita menjual hasil nelayan dan pertanian, hanya melalui perantara. Tapi sekarang kita sudah langsung berinteraksi dengan pembeli dari luar negeri, dan tentu didalamnya ada mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Saya berfikir dengan kehadiran mereka kita bisa mengambil hal yang positif. Ini kesempatan kita sebagai warga Gorontalo khusunya Gorut, untuk meniru keahlian mereka. Itu sebagai ilmu tambahan untuk bekal kita ketika mereka kembali ke negara mereka,” kata Supanto.

“Kedatangan mereka disini dalam posisi membangun satu proyek yang butuh tenaga yang terampil. Efeknya ketika perusahan cepat selesai dibangun, maka keuntungan lain adalah bisa menyerap tenaga kerja lokal kita,” ucap Supanto.

Menurut Supanto, disinilah kesempatan kita untuk memperlihatkan kepada mereka siapa yang hebat, mereka atau kita sebagai tuan rumah. Katanya, sudah saatnya kita bersaing di jaman moderen seperti ini. Dimana kita sudah harus meningkatkan SDM yang kita miliki untuk bisa bersaing di pasar internasional.

“Jangan kita sia-siakan kesempatan ini. Saatnya kita bangkit dan bersaing demi kemajuan negara, khususnya daerah kita. Saya pribadi meminta kepada perusahaan atau pemerintah daerah untuk memperketat aturan para buruh kerja, ini demi kesejahteraan mereka,” pinta Supanto.

“Perusahaan harus berkomitmen untuk memperkerjakan para pekerja lokal daerah Gorut. Dan harus dibuktikan oleh pihak perusahaan, jangan hanya komitmen hitam di atas putih,” pungkas Supanto.(TR/05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *