banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Sultan Taufik dan Tiara Kasih Terpilih Menjadi Ketua dan Wakil Ketua Osis SMPN 1 Makassar Periode 2022/2023

Kepala UPT SPF SMPN 1 Makassar, Dr. Suaib Ramli, S.Pd, M.Pd, Foto Bersama dengan Ketua Panitia Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) M. Yasin Munandar, S.Pd dan Ketua serta Wakil Ketua Osis Terpilih, Sultan Taufik dan Tiara Kasih, Jum'at 30 September 2022.

Makassar, SuaraLidik.com – UPT SPF SMPN 1 Makassar melaksanakan Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) periode 2022-2023, Jum’at (30/09/2022).

Dalam keterangannya, Kepala Sekolah SMPN 1 Makassar, Dr. Suaib Ramli, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) ini dimulai dari tahapan pembentukan panitia yang berasal dari guru dan peserta didik sendiri. Kemudian mereka berkolaborasi, ada dibentuk seperti KPU dan Bawaslu.

“Jadi tim inilah yang bekerja, mulai dari perencanaan, debat kandidat, hingga pemilihan hari ini berlangsung,” ujar Suaib Ramli, kepada Media Suara Lidik.

Selain itu, Suaib menjelaskan bahwa sistem pemilihan ketua osis itu melalui voting. Karena SMPN 1 Makassar merupakan program sekolah penggerak, semua harusnya digitalisasi sekolah.

“Kita model sedemikian rupa untuk bagaimana anak-anak buat sistem digitalisasi, sehingga apa yang diharapkan di program sekolah penggerak bisa kita capai,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya dari awal hingga terakhir, kata Suaib Ramli melihat sangat demokrasi. “Ini betul-betul suara demokrasi yang harus kita capai tujuannya, dan anak-anak juga menerapkan dengan baik,” sambungnya.

“Inilah sebetulnya proses yang kami inginkan. Tujuan itu nomor dua, yang pertama itu bagaimana prosesnya anak-anak dapat memahami dan menunjukkan contoh nyata demokrasi yang sehat,” katanya.

Diakhir keterangannya, Suaib Ramli menyampaikan dengan terpilihnya Sultan Taufik menjadi Ketua Osis yang baru, mampu membawa osis yang lebih segar, lebih berinovasi, terutama program-program yang nyata.

“Jadi harapan kami bagaimana Ketua Osis yang baru menjalankan program yang nyata yang langsung bersentuhan dengan teman-temannya. Dan semoga semua guru terlibat didalamnya untuk membantu, sekaligus memberikan suport kepada Ketua Osis yang terpilih,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) SMPN 1 Makassar, M. Yasin Munandar, S.Pd mengatakan bahwa penjaringan bakal calon ketua osis ada 18 orang pasangan yang mendaftar, lalu kemudian dari 18 pasangan ini diarahkan untuk membuat visi misi masing-masing pasangan.

Kemudian, lanjut Yasin Munandar menjelaskan, terdapat 15 pasangan yang terpilih untuk kemudian di seleksi lagi. Setelah itu, pemaparan visi misi kembali dilaksanakan. Dan dari 15 pasangan ini terpilihlah 3 calon pasangan.

“Jadi dari 18 pasangan calon, kemudian kita seleksi menjadi 15 calon, lalu kemudian kami pilih 3 pasangan calon berdasarkan performa mereka, kemudian visi misi yang mereka susun, serta program yang akan mereka rencanakan nanti,” jelasnya.

Untuk pemilihan Calon Ketua Osisnya sendiri, dilakukan melalui voting online via google form dengan dibuktikan NISN masing-masing.

“Jadi ada sekitar 1.277 hak suara (sesuai dengan jumlah siswa) yang akan memilih Ketua Osis SMPN 1 Makassar,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua Osis terpilih SMPN 1 Makassar, Sultan Taufik saat ditemui mengatakan bahwa, saya sangat senang sekali dapat terpilih, dan semoga saya dapat menjalankan amanah yang diberikan kepada saya menjadi Ketua Osis beserta Wakil Ketua Osis (Tiara Kasih) periode 2022/2023.

Adapun mengenai program kami, Sultan Taufik menjelaskan ada beberapa program yang akan kami laksanakan setelah kami terpilih menjadi Ketua Osis.

“Adapun program unggulan kami bersama Wakil Ketua Osis, yaitu Having Creative Student, Spensa Got Talent, Bersahabat Dengan Buku (BDB), Amazing Digital Reading (ADR),” ungkap Sultan Taufik.

“Tentunya saya bersama Wakil Ketua Osis berharap, dapat mengembangkan kualitas pelajar di SMPN 1 Makassar, sebagai pelajar yang dapat berkembang dan maju, serta menjalankan program-program unggulan kami,” jelasnya.