Tak Bayar Pajak, Dandes Tak Bisa Cair, PPh dan PPN Turut Jadi Bumerang

oleh -
Tiga Camat di Bolmong Kongkow-Kongkow Seputar Dana Desa dan Tagihan Pajak

BOLMONG, Suaralidik.Com – Para Kepala Desa (Baca ; sangadi) Se-Kabupaten Bolmong tidak bisa mencairkan dana desa jikalau pajak bumi  dan bangunan (PBB) tidak lunas. Menurut Camat Bolaang Timur Suariadi Dilapanga., SE, MM bersama  rekannya Camat Dumoga Utara Hamandu Mamonto dan Camat Bilalang Irwanto Mokoginta SP, sebenarnya tidak ada aturan yang mengikat bahwa pajak harus lunas baru bisa di cairkan Dana Desanya.

Sementara dari pihak BPK RI akan ada temuan para kepala desa karena semua pajak masyarakat yang ada di Desa akan di tanggulangi oleh para kepala desa.

Dana desa yang dicarikan dikenakan PPh dan PPN sebesar 11,5 %.  Hal ini menjadi tanda tanya dari berbagai elemen Masyarakat. Bagaimana bisa dana dari pemerintah untuk pembangunan prasarana Desa dan di kerjakan para Masyarakat dalam Desa masa dikenai PPh dan PPN.

Disisi lain, pembayaran PBB yang akan di tanggulangi oleh para kepala Desa sudah membuktikan adanya temuan dari pihak BPK karena pajak Masyarakat dibayarkan dengan Dana Desa dari awal pencairan dana desa.

Dipastikan tidak akan dicairkan apabila pajak tidak lunas 100%. Ada salah satu kepala desa ketika dijumpai oleh awak media ini mengatakan setengah mati kita harus mencari uang tunai sebesar 30 juta untuk bayar pajak. Sebab, jika tidak bayar pajak tidak bisa dicairkan dana desanya. (***AO)

 

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60