Tak Hanya Dalam Kota, Banjir Juga Merendam Pemukiman Warga Pelosok Desa di Bulukumba

oleh
Banjir di desa Bonto Marannu, Kecematan Bonto Tiro, Kabupaten Bulukumba. Selasa (11/7/17)
Banjir di desa Bonto Marannu, Kecematan Bonto Tiro, Kabupaten Bulukumba. Selasa (11/7/17)

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bulukumba, dan sekitarnya sejak Senin (10/8/17) malam, kembali membuat beberapa kawasan dalam kota Bulukumba direndam bajir. Tak hanya dalam kota, banjir juga terjadi di beberapa pelosok desa, salah satunya di desa Bonto Marannu, Kecematan Bonto Tiro, tepatnya di dusun Tunumbeng, air merendam puluhan pemukiman warga.

Dari pantauan, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur area ini sejak Senin malam, hingga Selasa (11/8/17) petang, membuat ketinggian air yang semula hanya 50 Centimeter terus bertambah. Selain faktor cuaca, warga menilai buruknya sistem Drainase di desa tersebut menjadi biang lain penyebab banjir terjadi.

“Pemangunan Draiase harusnya mengedepankan kosep tanggap bencana. Dalam hal ini tinggi Drinase harus di tambah dan diameternya harus diperlebar,” ujar Andi Arfendi, salah seorang warga.

Selain itu, pembangunan drinase yang menggunakan anggaran ADD/BDD disinyalir melenceng dari konsep.

“Pemerintah harus melakukan evaluasi terhadap semua proyek pembangunan infrastruktur khususnya drinase agar kejadian ini tidak terulang lagi,” ucapnya. (Awal Azhari/RED 4)