banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Tak Hiraukan Keluhan Warga, Tambang Galian C di Desa Cege di Bone Masih Terus Beraktivitas

Tambang galian C desa Cege Mare di Bone
Foto : Alat berat sedang beroperasi

Bone, suaralidik.com – Seolah tak hiraukan keluhan masyarakat demi kepentingan bisini, Aktivitas tambang Galian C yang berada di Desa Cege Kecamatan Mare Kabupaten Bone Sulsel masih terus berlangsung hingga saat ini (baca : Sabtu( 20/8/2020 ) siang.

Tambang Galian C milik oknum Kepala Desa Cege itu menggunakan alat berat dan langsung turun  di tengah sungai saat beroperasi.

Menurut Seorang warga desa yang enggan disebutkan namanya, ” jalanan di depan rumah menjadi rusak saat datang musim hujan, dan kalau datang musim kemarau sangat berdebu”, keluhnya.

“Bagaimana Kami sangat tidak keberatan? , pada malam hari, kami sangat terganggu tergangguter denagan suara gas mobil truk bermuatan pasir yang lewat di depan rumah rumah warga di sini”, lanjut warga itu.

Sementara itu, Kepala Desa Tellu Boccoe bernama H.A.Hasanuddin ingin aduan masyarakat ini didudukkan bersama untuk mencari solusi.

” Saya tidak minta yang susah ndi, cukup pak desa cege datang menemui saya untuk mencari jalan terbaiknya agar dapat solusi dari permasalahan ini, karena mereka yang terganggu dengan adanya kegiatan tambang ini merupakan warga saya”, uangkap H.Hasanuddin.

Lebih lanjut dikatakannya, “Saya juga berharap agar penegak hukum dapat meninjau kembali ke lokasi tempat beroperasi tambang yang ada di wilayah kami”, harap Kades Tellu Boccoe.

Baca Juga : Aktivitas Tambang Galian C Milik Kades Cege Mare Meresahkan Warga Desa Tellu Boccoe

Aduhan masyarakat dari Desa Tellu Boccoe juga tercium dari Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara (Lidik Pro) DPD kabupaten Bone.

Sabtu (29/8/2020) pagi, Ketua LIDIK PRO DPD BONE  A.SUARDI menjelaskan kalau pihaknya akan menindaklanjuti aduhan ini ke Polres Bone kemudian ke tingkat provinsi.

“Kami harap pihak penegak hukum tidak menutup mata atas kegiatan Tambang Galian C di wilayah tersebut,dan Kami sebagai Lembaga Sosial Kontrol akan menindaklanjuti perihal ini ke tingkat Propinsi. Kami sudah mencoba datang untuk mengklarifikasi ke pihak Kepala Desa Cege,namun Kepala Desa hanya mangkir dari janjinya dan bahkan menyerahkan kepada salah satu oknum wartawan untuk mengback-up tambang miliknya itu ,”tegas Ketua LSM Lidik Pro DPD Bone.

Sementara itu, Kepala Desa Cege bernama HAERUDDIN untuk dimintai konfirmasi namun enggan untuk ditemui. (*INA)