Tak Layak Huni, Asrama Bolmut Di Palu Telantarkan Puluhan Mahasiswa

oleh -137 views
Foto : Asrama Mahasiswa Bolmut di Palu butuh penanganan serius dari Pemkab Bolmong Utara

BOLMUT, SuaraLidik.com – Miris, sebuah kata yang pantas untuk menggambarkan kondisi terkini Asrama Mahasiswa Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Betapa tidak, Asrama yang berdiri puluhan tahun itu tampak rusak parah sehingga tidak layak dihuni.

Menurut Ketua KPMIBU, Eky Lamunte Asrama ini tidak pernah dilirik Pemerintah Daerah, terakhir kali di rehab tahun 2015.

Sebelum direhab, kondisi asrama masih lebih bagus ketimbang sesudah direhab. Perbaikan 4 tahun silam yang dilakukan setengah hati itu membahayakan para penghuni karena beberapa bagian asrama terkesan asal jadi.

Ditambah lagi bencana yang melanda Kota Palu baru-baru ini kian menambah kerusakan rumah yang dihuni 40 mahasisawa asal Bolmut itu.

“Kami berharap pemerintah daerah Bolmong Utara, bisa menyiapkan tempat sementara bagi puluhan mahasiswa di Palu. Sebab, banyak mahasiswa yang terlantar, padahal sebagian dari mereka sedang memasuki fase akhir study,”kata Eky Lamunte, Ketua Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Utara (KPMIBU) di Palu, kepada media ini melalui via telepon Senin (11/02/2019).

Sementara itu, Ketua PB KPMIBU Ramlan Tinamonga, SP., saat diwawancarai perihal kondisi Asrama ama Mahasiswa di Cabang Palu itu mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu langkah serius dari Pemerintah Daerah.

“Masalah Asrama ini pernah kami komunikasikan dengan Pemerintah Daerah, jawabannya Pemda saat itu masih memilih antara sekedar memperbaiki atau membuat bangunan baru. Namun hingga kini belum ada langkah kongkrit atas permintaan kami itu. Kami berharap Pemda Bolmut bisa menseriusi persoalan ini,”ungkap Tinamonga

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Bolmut, Habibi Alamri, mengatakan jika pihaknya akan segera mengunjungi lokasi Asrama Palu itu.

“Insya Allah satu atau dua hari ini kami bersama Pihak Keuangan akan melihat langsung kondisi Asrama. Kalau saya pribadi, lebih baik bangunan lama itu diratakan lalu dibuat asrama baru yang permanen,”ujar Alamri.(***chan)