Tak Mau Hadiri Rapat Penting DPRD, Sahmid Hemu Soroti Kepala OPD

oleh

Sahmid Hemu Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo,(foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Provinsi Gorontalo Sahmid Hemu menyeroti kinerja Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabgor yang dinilai tak sudi menghadiri rapat-rapat penting di DPRD.

Menurut Sahmit Hemu, selama ini Kepala Dinas (Kadis) seperti tak sudi menghadiri rapat pembahasan anggaran maupun terkait agenda lainnya, dan ini menghambat kinerja DPRD.

“Setiap pembahasan itu harus dihadiri oleh Kepala Dinas, kenapa karena kepala dinas adalah pengabil kebijakan di SKPD,” ungkap Sahmid Hemu diruang paripurna selasa 30/10/2018.

Menurut pengalaman Ketua DPRD, setiap agenda rapat di DPRD, OPD terkait hanya mengirimkan stap yang tak bisa menjawab bila dicecar pertanyaan oleh para Aleg.

“Selama ini pengalaman kami, ketika ada pembahasan Kadis hanya mengutus stapnya yang ketika teman-teman komisi melancarkan pertanyaan meminta penjelasan mereka tidak tau, dan ini menjadi penyebab pincangnya sebuah pembahasan,”papar Ketua DPRD.

Oleh karenanya, lanjut Sahmid, kami minta kalau bisa setiap rapat pembahasan dihadiri langsung oleh Kadis.

“Untuk itu jauh-jauh hari kita sudah ajukan waktunya, sehingga semua bisa menyesuaikan, tak ada alasan lagi untuk tak bisa dihadiri oleh kepala dinas,”tegas Aleg dua periode.

Pihaknya juga mengingatkan, bahwa tidak menutup kemungkinan bila setiap rapat tidak dihadiri Kepala OPD maka DPRD akan menolak usulan PAPD.

“Paling tidak yang bisa kami sampaikan hari ini dan menjadi masukan kepada PAPD untuk dipertimbangkan kembali ketidak hadirannya, jangan salahkan DPRD bila ditolak usulannya dan itu tak jadi maslah,”tutur Aleg dari partai PDI,(***Rollink).