Tangani Sampah Ibu Kota, DLH Boltim Bakal Buat TPSS

oleh -
Foto : Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil

Boltim, Suaralidik.Com – Penanganan sampah di Ibu Kota, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim, tahun ini, rencananya akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Senin (8/4/19).

Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil, pada awak media ini menuturkan bahwa akan segera mempunyai TPSS di tahun 2019 ini.

“Untuk lokasinya ada warga yang meminjamkan lahannya untuk pembangunan TPSS, selanjutnya kita seriusi penanganan soal TPSS dalam waktu dekat ini. Minimal kita bisa menangani sampah-sampah di tempat fasilitas umum yang ada di Ibukota,” ujar Tawil.

Untuk ukurannya kata Tawil, ada sekitar 25 meter lebar dan panjang 40 meter.

“Teknisnya, kita gali lubang dengan ke dalaman 4 meter, panjang 10 meter serta lebar 5 meter. Ukuran total lahannya 25×40 meter,” jelasnya.

Lanjut Dia, setelah sampah sudah masuk sekitar setengah meter, akan ditutup dengan tanah, ketika sampah sudah tinggal 40 cm dari permukaan tanah, maka kita tutup, timbun semua dengan tanah, selanjutnya berikut kita gali lagi di sebelahnya.

“Semua sampah yang masuk ke TPPS tersebut di antaranya sampah pasar, sampah kantor, dan sampah di jalan dua jalur kantor Bupati, kantor DPRD, serta sampah di kawasan sekitar Desa Tombolikat sampai Desa Togid. TPSS ini sifatnya hanya tempat pembuangan sementara, karena lahannya dipinjamkan oleh salah satu warga. Untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan luas lahan sekitar 5 Hektare, kita tunggu pembangunannya, dengan penyesuaian tata ruang RT RW,” tuntasnya.(***fibo)