Tangani Warga Jompo dan Tak Mampu, Lihat Penanganan Tim Kecamatan Sungai Lilin

oleh -
Foto : Kondisi mbah kartomo dikediamannya saat di kunjungi oleh kessos kecamatan Sungai Lilin kab. Musi Banyuasin

Musi Banyusin, Suaralidik.Com – Rosdiah Kepala kasi Kessos bersama kepala kasi trantib adi wibowo kec. Sungai lilin kab. Musi banyuasin mengunjungi Mbah Kartomo (99) di Pinang Banjar.

Mbah kartomo yang selama ini di urus oleh poniran menjelaskan bahwa keadaannya sekarang sangat memprihatinkan yang dimana demi mencari kebutuhan hidupnya harus kejalan untuk meminta minta, “ujarnya, kamis (3/1/2019).

Dari pantauan awak media, kehidupan Mbah Kartomo memang sangat memprihatikan. Usia yang sudah cukup tua dan sering sakit-sakitan membuat tim kensos dari kecamatan Sungai Lilin l terjun ke lokasi untuk melihat kondisi mbah kartomo.

Menurut Camat Sungai Lilin Emilya Afriyanita S.STP, M.Si melalui kepala Kasi Kessos kecamatan Sungai Lilin Rosdiah mengatakan bahwa dirinya sangat prihatin dengan kondisi Mbah Kartomo, ditempat tinggal yang kurang layak bagi seusianya sangat rentan diserang oleh berbagai penyakit.

Rosdiah juga mengatakan pada waktu beberapa bulan yang lalu Kami sudah memberikan santunan, Entah kenapa Mbah tersebut kembali lagi kejalan hingga sampai harus meminta-minta lagi.

Menurut Rosdiah, pihak Kessos kecamatan akan bekerja sama dengan dinas sosial pemerintah kab. Musi banyuasin akan menempatkan mbah kartomo ke panti jompo agar lebih nyaman dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Melalui via telpon Poniran warga Desa Mulyo Rejo saat dimintai keterangan perihal mbah Kartomo menjelaskan bahwa dirinya juga sangat kasihan melihat keadaannya.

“Kami sudah berupaya untuk mengurus Mbah Kartomo selama ini hingga saya bikinkan rumah sendiri, namun beliau tetap keluar rumah tanpa sepengetahuan kami. Mbah Kartomo juga sering marah-marah dan ingin kembali ke Talang siku Desa pinang Banjar, “ujar poniran kepada awak media.(***adi)