Hari Tani Nasional (HTN) ke-56; diwarnai aksi demonstrasi di berbagai kota di negeri ini.

oleh

 

Aksi Aliansi Gerakan Rakyat, Kabupaten Bulukumba, Selasa, 27 September 2016.
Aksi Aliansi Gerakan Rakyat, Kabupaten Bulukumba, Selasa, 27 September 2016.

SuaraLidik.com–Pada momentum Hari Tani Nasional (HTN) ke-56, tepat, Selasa, 27 September 2016, kali ini diwarnai aksi demonstrasi di berbagai kota di negeri ini.
Di Kabupaten Bulukumba, aksi yang dilakukan oleh berbagai kelompok organisasi masyarakat, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba, AGRA Bulukumba, Pejuang Rakyat Tahura, Serikat Nelayan Bulukumba, Gerakan Pemuda Kasimpureng, Aliansi PK5 Bira, IMM Cabang Bulukumba, PMII Cabang Bulukumba, Solidaritas Serikat Pekerja Balangbessi Estate, Lembaga Masyarakat Adat Lemo-Lemo, Serikat Pemuda Kahayya, LMP Sulsel, Kontras Sulawesi, Kareso Bulukumba.

 

Dalam pernyataan sikap aksinya menjelaskan “Tolak kebijakan ekonomi dan Reforma Agraria palsu Jokowi-Jk yang menindas dan menyensarakan kaum tani dan Rakyat Indonesia”, Kemudian mendesak pemerintah Jokowi-Jk,

 

1. Stop Perampasan dan monopoli tanah.
2. Hentikan intimidasi dan, kekerasan dan kriminalisasi terhadap kaum tani
3. Bebaskan tanpa syarat kaum Tani dan rakyat yang telah dikriminalisasi
4. Na iklan harga komoditas pertanian dan turunkan harga kebutuhan produksi
5. Turunkan kebutuhan pokok rakyat
6. Cabut berbagai konsesi lahan skala luas Perampasan tanah,
7. Batalkan Proyek Infrastruktur pemerintahan Jokowi-Jk yang merampas tanah rakyat yang dibiayai dengan utang dari luar Negeri.

Aksi yang dilaksanakan begitu ramai, sesekali terdengar teriakan orator dan dari peserta aksi, “Pemerintah gagal, dan penuh janji palsu”.

img_20160927_103523_edit

Menurut ketua umum HMI Cabang Bulukumba, Rahmat Fajar Mengatakan dalam Orasinya “Pemerintah kini gagal mengawal rakyat, terbukti dengan banyaknya kasus penindasan dan penangkapan yang dilakukan tanpa ada sebab atau dikriminalisasi. Tercatat jelas, pemerintah melakukan pembodohan dan Perampasan hak-hak rakyat”. Teriakan Fajar saat orasi.

AL#