Tekan angka Kemiskinan, Bupati Gorut Canangkan Program Kerakyatan

oleh -8 views
Foto : Bupati - Wabub bersana Sekda Gorut saat memberikan Pembinaan aparat Desa dan kecamatan,(foto dok. humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Sejak Kabupaten Gorontalo Utara Gorut dimekarkan 11 tahun yang lalu, berbagai prestasi telah ditorehkan Daerah terbungsu di Provinsi Gorontalo ini.

Termasuk mampu meningkatkan pembangunan disegala bidang serta mampu menurunkan angka kemiskinan secara signifikan dari 43 persen ditahun 2007 menjadi 18 persen sekian hingga tahun 2018 lalu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Indra Yasin, MH saat memberikan sambutan pada acara Pembinaan aparat desa, dan Kecamatan yang dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus BPD di seluruh Kecamatan se-Gorut beberapa waktu lalu.

Dihadapan Masyarakat dan jajaran aparat Desa dan Kecamatan, bupati menyampaikan bahwa angka kemiskinan menjadi pekerjaan rumah pemerintah kabupaten Gorut yang harus segera dituntaskan melalui program pembangunan disegala bidang yang telah disusun dalam visi misi Indra-Thariq (Iqra).

“Sebelas tahun Gorontalo Utara menjadi kabupaten tersendiri sudah banyak prestasi yang spektakuler baik ditingkat provinsi maupun diajang nasional. Meskipun disadari sebagai kabupaten yang baru dimekarkan masih banyak kekurangan-kekurangan termasuk angka kemiskinan yang masih cukup tinggi.”kata Bupati.

Akan tetapi, lanjut Bupati, ini menjadi tantangan dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dimasa-masa yang akan datang. Sehingganya Bupati mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat untuk mendukung sepenuhnya Program Iqra.

“Kami yakin bila kerja keras ditunjang dengan kerjasama dan dukungan diseluruh elemen masyarakat Kabupaten Gorontalo Utara akan menjadi daerah yang mampu sejajar dengan kabupaten kota yang ada di Provinsi Gorontalo”, jelas bupati.

Lebih lanjut bupati menyampaikan bahwa selama ini pemerintah kabupaten Gorut sudah mampu menyelenggarakan pemerintahan secara baik dan juga mampu meningkatkan pembangunan khususnya program unggulan.

Diantaranya dibidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan petani, nelayan dan pemberdayaan usaha kecil menengah, juga sudah 3 kali mendapatkan Predikat Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendukung program pemerintah yang sedang dilaksanakan dengan meningkatkan kebersamaan, keharmonisan dan menjaga keamanan dan ketertiban”, jelas Bupati.(***Thoger).