Categories: Kota Makassar

Temuan LPPOM Makassar, Mayoritas Hotel dan Restoran Tidak Miliki Sertifikat Halal MUI

MAKASSAR, SUARALIDIK.com– Lembaga Pengawasan Produk Obat dan Makanan (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat hingga saat ini jumlah rumah makan, restoran, dan hunian hotel yang mengantongi sertifikasi halal masih sangat minim.

diskusi keummatan ” Apa Kabar Sertifikasi Halal Hotel dan Restoran di Sulsel ” yang di gelar di kantor Harian Amanah Makassar jalan Kakatua No.31 Makassar, Rabu (18/10/17)

Hal tersebut kembali dibahas dalam diskusi keummatan ” Apa Kabar Sertifikasi Halal Hotel dan Restoran di Sulsel ” yang di gelar di kantor Harian Amanah Makassar jalan Kakatua No.31 Makassar, Rabu (18/10/17).

Hadir dalam diskusi tersebut diantaranya KH. Thajuddin Abdullah (Direktur LPPOM Sulsel), Kwandy Salim Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI ) Makassar, Sulyitno (Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar).

Tajuddin mengungkapkan, kesadaran pelaku usaha makanan maupun pengelola hotel masih sangat kurang untuk menjamin kehalalan produk makanannya. Padahal jika dibanding dengan jumlah penduduknya sangat berbanding terbalik.

Untuk memiliki sertifikasi halal tidak begitu sulit hotel mendaftar, mulai air dan produk hasil semua diperiksa, Cepat atau lambat tergantung dari pihak yang mau memiliki Sertifikat Halal” terang Thajuddin Abdullah.

Sementara itu, Kwandy Salim mengungkapkan di Sulsel secara keseluruhan terdapat 1300 Restoran, 432 Hotel, 5000 UMKM belum memiliki Sertifikat Halal.

Di Tahun 2017 baru 2 hotel yang mengantongi Sertifikat Halal dan 30 Restoran ” ucap Kwandy.

Pada kesempatan yang sama, Suyitno mewakili Pemkot Makassar menyampaikan, Pemkot Makassar menyambut baik keinginan untuk memiliki sertifikat bagi hotel dan restoran.

“Mungkin investornya juga diperiksa untuk dapat sertifikat halal sehingga kita ummat Muslim tidak ragu lagi membeli nantinya saya kira Pemkot Makassar sangat mendukung akan hal ini dalam menerbitkan sertifikatnya” ucap Suyitno. (a2)

News Publicated on : 22/05/2019 00:04

Share

Terbaru

Wabup Boltim : Peningkatan Kualitas Pendidikan Bukan Hanya Tanggungjawab Pemerintah

BOLTIM, Suaralidik.com - Peningkatan kualitas Pendidikan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi merupakan tanggungjawab bersama. Demikian dikatakan wakil Bupati Boltim Drs.…

50 tahun lalu

Bupati Gorontalo Dukung Pengalihan IAIN Menjadi Universitas Islam Negri Gorontalo

Foto : Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo memberikan sambutan pada kegiatan PBAK dingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo Tahun 2019,(foto Riri…

50 tahun lalu

Pacu Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Pemkab Gorontalo Gelar Workshop

Foto : Asisten lll Setda Kabgor Drs. Hen Restu MM, usai mengalungkan id card kepada peserta Workshop,(foto Riri humas). LIMBOTO,…

50 tahun lalu

Tak Terima Disebut Pembohong, Gubernur Gorontalo Melaporkan RA Ke Polisi

Foto : Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi jajaran pengurus Golkar Kabgor usai memberikan keterangan di Polres Gorontalo, Rabu 21/08/2019,(foto Thoger).…

50 tahun lalu

Apabila Terbukti Merugikan Negara, Amir : Tangkap Bupati Barru, Suardi Saleh

PINRANG, Suaralidik.Com - Akhir juli 2019 poros pemuda demokrasi untuk sulawesi selatan menyurati suardi saleh dan mempertanyakan beberapa kasus yang…

50 tahun lalu

​Pelantikan Anggota DPRD Bulukumba Ini Harapan Aktivis FKPPB – B

BULUKUMBA, Suaralidik.Com -- Momentum pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba Periode 2019-2024. Pelantikan itu, berlangsung di Gedung…

50 tahun lalu

This website uses cookies.