Terkait Isu Radikalisme dan Terorisme, Ini Kata Bupati Pohuwato

oleh -8 views
Syarif Mbuinga
Foto : Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga,(foto Thoger).

POHUWATO, Suaralidik.com – Ketika berbicara mengenai isu radikalisme dan terorisme, sebagian kalangan cenderung mengarah pada satu aliran agama tertentu. Sehingga ini menjadi satu kekeliruan yang berkembang saat ini.

Hal ini sebagaimana disampaikan Bupati Syarif Mbuinga pada rapat koordinasi pengawasan aliran kepercayaan masyarakat dan keagamaan belum lama ini.

“Ini agak sensitif, apalagi isu yang mencuat ke permukaan saat ini terkait isu radikalisme. Ketika bicara radikalisme maka sebagian kalangan akan mengarah kepada satu anutan atau satu aliran agama. Berbicara radikalisme, terorisme, terlalu cepat kita memvonis dan menggiring opini bahwa ini identik dengan satu agama,” ujar Syarif.

Meski diakui begitu sensitif namun dalam kacamata intelejen, bahwa untuk kepentingan berbangsa dan bernegara apalagi dikaitkan dengan bahwa ada dorongan untuk merubah falsafah negara. Ini yang harus dicegah bersama.

“Tetapi keliru lantas kita memvonis bahwa ini adalah ajaran dari agama tertentu. Hati-hati dalam mendiskusikan ini, tetapi perlu hal ini kita angkat sebagai topik diskusi. Apakah di Pohuwato ini ada tidak yang menganut paham radikalis. Yakni mengarahkan pengikut dan umatnya untuk tidak percaya kepemimpinan negara, keberadaan bangsa dan negara, merubah falsafah ideologi negara pada kepercayaan dan keyakinannya,”(Hitler).