Terkait Oknum Suster Gadungan Disdukcapil Gorut, EL : Yang Saya Uji Sesuai Kok

oleh -
Ilustrasi Pemeriksaan darah
Foto : Ilustrasi pemeriksaan golongan darah,(foto Istimewa).

GORUT, Suaralidik.com – EL, oknum Pegawai Tidak Tetap (PTT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gorontalo Utara (Gorut), yang namanya disebut sebagai suster gadungan karena melakukan pengambilan sampel golongan darah warga tampa sepengetahuan Dukcapil ikut angkat bicara.

Menurut EL, hasil pengambilan sampel golongan darah yang dilakukannya selama ini sesudah sesuai.

“Hasil yang saya uji itu sesuai kok, pas dites di PMI untuk disamakan hasilnya sama. Cuman kartunya itu yang mereka tidak terima karena katanya ilegal bukan dari dines kesehatan,” tegas EL kepada media ini melalui via telepon, Senin 10/02/2020.

“Saya turun dengan teman, yang sering saya temani saat mengetes di Disdukcapil Gorut. Tapi saya turun tidak membawa nama Disdukcapil. Memang pihak Disdukcapil tidak mengetahui, tapi masyarakat tau saya bekerja di Disdukcapil,” lanjut EL.

Dirinya mengaku, apa yang dilakukannya semata-mata ingin memudahkan dan membantu masyarakat.

“Yang ngecek golongan darah adalah obat, bukan saya langsung justice bahwa golongan darah anda ini dan itu. Memeriksanya bukan asal-asal, bahkan bahan yang saya pakai beli sendiri di Ibnu Sina semua. Dan saya ada bukti kartu member Ibnu Sina,” tutur EL.

“Hanya punya saya yang tidak mau diterima, anehnya yang lain diterima. Saya juga tidak paham bagaimana dari kantor Disdukcapil. Yang jadi pertanyaan kenapa pihak dukcapil tidak mau menerima kartu tes golongan darah tersebut, padahal sama hasil tesnya,” tanya EL.

Sekertaris Disdukcapil Gorut Saleh Djafar saat dimintai tanggapannya melalui via telepon mengatakan, penolakan pihak Disdukcapil atas hasil sampel yang diambil oleh EL karena masalah kompetensi.

“Bukan masalah cocok tidak cocok, tapi masalah kompetensi. Orang yang memeriksa itu apa dia punya ijin? Pernah memang diterima pada saat itu, dengan alasan ketidak tahuan pemeriksaan golongan dari mana. Setelah dapat informasi langsung diblok,” ujarĀ  Saleh,(TR/04).

HUT Kabupaten Pinrang Ke-60