Terkendala Fasilitas Komputer, Hanya 4 SMP Siap Ikuti UNBK di Sinjai

oleh
Kepala Dinas Pendidikan Sinjai
Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Drs.H. Syamsuddin Umar

SINJAI,Suaralidik.Com – Tidak seluruh SMP di Kabupaten Sinjai akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lantaran terkendala sarana prasarana seperti komputer.

Dari 40 SMP yang ada, hanya 4 yang sdkolah yang siap melaksanakan UNBK yakni SMPN 2 Sinjai Utara, SMPN 2 Sinjai Tengah, SMPN 4 Tellulimpoe dan SMPN 1 Sinjai Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Drs.H. Syamsuddin Umar saat ditemui di Ruang kerjanya, Senin (26/3/18) mengatakan bahwa kendala yang dihadapi oleh sekolah sehingga belum bisa menerapkan UNBK karena terkendala sarana komputer dan jaringan internet yang belum memadai.

Ia juga menyesalkan beberapa SMP yang ada di Kota Sinjai yang belum mampu menerapkan UNBK namun disisi lain sudah ada SMP yang berada di Kecamatan lain siap melaksanakan UNBK.

“SMP 1 dan SMP 3 Sinjai Utara sebenarnya kita harapkan juga mampu melaksanakan UNBK, namun kami tidak ketahui alasaan pasti sehingga masih belum berani, padahal sekolah di kecamatan lain sudah ada yang siap terapkan,” ungkapnya.

Kendala sarana Komputer menurutnya menjadi kendala utama seluruh sekolah namun masing-masing sekolah diharapkan lebih cerdas dan kreatif mencari solusi terkait hal ini.

“Semua sekolah mengalami hal ini, tapi diperbolehkan untuk meminjam laptop orang tua siswa. Dan ini yang dilakukan oleh sekolah yang menerapkan UNBK,” ungkapnya.

Ujian Nasional tingkat SMP/Sederajat akan berlangsung pada 23 -26 April 2018. Mata pelajaran yang diujikan terdiri Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. (***AaNd/MCS/BCHT)