PemprovSulsel Pemkab bantaeng

Terpapar Covid-19, Artis Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Dorce Gamalama
Dorce Gamalama ||Twitter

JAKARTA, SUARALIDIK – Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan di tanah air, Rabu (16/02). Artis Senior yang karib di sapa Bunda Dorce Meninggal Dunia sekitar pukul 07.30 WIB di RS Pertamina.

Salah seorang kerabat Dorce, Hetty Soendjaya mengatakan  Dorce Gamalama meninggal dunia akibat terpapar virus corona. Sehingga, sang pembawa acara itu akan dikuburkan sesuai protokol Covid-19

” Bunda Dorce meninggal karena Covid, jadi enggak dibawa pulang. Jenazah dikemas di Rumah Sakit. Belum tahu dimakamkan dimana. Mohon maaf atas kesalahan beliau semasa hidupnya,” ucap Hetty sebagaimana dilansir dari detikhot.

Dorce Gamalama meninggal dunia setelah dirawat secara  intensif selama beberapa hari di Rumah Sakit. Berdasarkan informasi yang dihimpun, dia menderita diabetes. Selain diabetes, Dorce juga pernah mengidap batu ginjal pada 2019.

Dorce Gamalama lahir pada tanggal 21 Juli 1963. Terlahir dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi dan mengawali karir di dunia hiburan sebagai pelawak dengan berakting sebagai perempuan.

Bergabung dengan kelompok tari Waria Fantastic Dolls, ia tampil dengan nama panggung Dorce Ashadi sebelum melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983.

Setelah operasi ganti kelamin, iapun dikenal dengan nama Dorce Gamalama yang diambil dari nama gunung Gamalama  di pulau Ternate, Kepulauan Maluku.