Terungkap di Kunjungan Irwasda Polda Sulut, Ternyata Pemkab Bolmong Siapkan 5 Hektar

oleh -
Wabup Yanny Tuuk dan Kombes Pol Drs. Ahmad Alwi, MM
Foto : Suasana penyerahan cindera mata dari Wabup Bolmong Yanny Tuuk ke Irwàda Kombes Pol Drs. Ahmad Alwi, MM

BOLMONG, Suaralidik.Com –Jajaran Tim studi kelayakan Polda Sulawesi Utara, Kamis (23/1/2020) dipimpin Irwasda Kombes Pol Drs.Ahmad Alwi, M.M didampingi Karorena Kombespol Andik Setiyono,S.IK SH MH, dan Karolog Kombespol Drs Ahmad Husni mengunjungi lahan untuk pembangunan Mapolres Bolmong yang ada di Desa Dulangon Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong.

Tim polda Sulut  disambut Wakil Bupati, Yanny Ronny Tuuk serta sejumlah pejabat teras Bolmong

Wakil Bupati Bolong Yanny Ronny Tuuk saat menyampaikan sambutannya mengatakan, bahwa Pemkab telah menyiapkan lahan seluas lima hektare untuk pembangunan Mapolres Bolmong

Bukan hanya lahan Mapolres lanjut Yanny, akan tetapi lahan eks HGU yang dikelolah PT Gadesara itu, Pemkab juga telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kantor Pengadilan dan Kejaksaan.

Namun demikian, Yanny mengaku masih akan menyampaikan usulan penambahan lahan untuk pembangunan asrama Polisi. Yanny yakin dengan ketersediaan lahan, usulan penambahan itu bisa diakomodir.

Yanny juga berharap dengan tersedianya lahan, diharapkan pembangunan Mapolres Bolmong secepatnya bisa dilakukan. Sebab salah satu kesiapan infrastruktur dalam syarat pemekaran provinsi Bolaang Mongondow Raya, yakni sarana infrastruktur.

Terpisah Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Drs.Ahmad Alwi, M.M mengaku, Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto telah membentuk tim studi kelayakan dalam rangka untuk  melihat lokasi  tempat pembangunan Mapolres yang ada dibeberapa daerah salah satunya di Kabupaten Bolmong .

Sebab, sebelum diusulkan anggaran ke Mabes Polri, masih akan melihat kesiapannya. Seperti lahan, sertifikatnya,  foto lokasi serta data pendukung lainnya untuk dilampirkan dan dikirim ke Mabes Polri.

“Kalau sudah meyakinkan  Mabes Polri terkait data yang dikrim, paling lambat tahun 2021 sudah dibangun,” jelas Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Drs.Ahmad Alwi, M.M.

Selain pembangunan Mapolres, juga bersamaan untuk pengadaan logistik dan pemenuhan personil. Untuk logistik, mulai mobilnya, senjata api, serta prasana lainnya juga ikut diusulkan. Selain itu jumlah personil juga ikut ditambah sesuai dengan kebutuhan.

“Atensi dari Pak Kapolda, bagaiman enam Polres tambahan ini berjalan karena sudah Polres definitif,” ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyambut baik terkait pembangunan Polres Bolmong. Hal itu berdasarkan surat yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI bernomor B/849/M.KT.01/2019 tentang peningkatan tipe dan pembentukan Polres yang ditujukan kepada Kapolri.

Ditetapkannya lokasi yang ada di Desa Dulangon Kecamatan Lolak, karena lahannya tersedia di tempat tersebut. Nantinya lokasi pembangunannya itu berdekatan juga dengan pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri dan Markas Komando (Mako) Korem 131 Santiago, tambah Bupati.

Bupati mengatakan dengan adanya Polres nanti akan semakin memudahkan dan mendekatkan pelayanan antara Polisi dengan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow. (**Agus)

HUT Kabupaten Pinrang Ke-60