Tiga Pasang Calon Bupati Dan Wakil Bupati Bolmut Deklarasi Kampanye Damai

oleh

Suaralidik. Com, – BOLMUT – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar deklarasi kampanye damai pemilihan bupati dan Wakil Bupati Bolmut periode 2018-2023 di Lapangan Kembar Boroko, Ahad (18/2/2018).

Foto : tampak ketiga calon bupati dan wakil bupati saling berpelukan dan cipika cipiki

 

Deklarasi ini dihadiri ketiga pasangan calon dari pantauan media ini pasangan yang pertama memasuki tempat deklarasi kampanye damai adalah pasangan Depri Pontoh-Amin Lasena, Menyusul Pasangan Hamdan Datunsolang-Murianto Babay dan terakhir adalah pasangan Karel Bangko-Arman Lumoto.

Ketiga pasang calon tersebut di kawal oleh masing-masing tim beserta partai pendukung dan simpatisan dilengkapi berbagai atribut kanpanye, ketiga pendukung terus menyuarakan dukungan.

Dukungan tersebut ditunjukkan lewat nyanyian, tari-tarian dan lain sebagainya. Ketua KPUD Bolmut, Faisal Husin SPd menyatakan, deklarasi kampanye damai tersebut dimaksudkan agar gelaran pilkada Bolmut bisa berlangsung aman dan damai.

 

“Deklarasi kampanye damai ini digelar dengan maksud agar proses pilkada ini bisa berjalan aman, damai, tertib, dan juga tidak saling menghujat satu-sama lain, sebab imbasnya adalah masyarakat dan pasangan calon itu sendiri,” kata Faisal dalam sambutannya.

Deklarasi kempanye damai ini lanjut Papa Lin sapaan akrabnya, juga merupakan bentuk pernyataan perang terhadap semua kegiatan kampanye yang berbau SARA dan politik uang.

Selain itu, deklarasi kampanye damai juga dimaksudkan untuk melawan ujaran kebencian dan memerangi berita-berita bohong.

“Deklarasi ini juga menekankan kita untuk memberantas semua kegiatan yang berbau SARA. Kita juga akan memberantas money politic, kita akan melawan ujaran kebencian, maupun berita hoax,” ujar Papa Iin.

Proses pergantian pemimpin katanya, merupakan suatu yang biasa dilaksanakan. Artinya, setiap lima tahun sekali, mau tidak mau, suka tidak suka, proses pergantian pasti dilaksanakan. Maka dari itu, sudah sewajarnya semua pihak bisa menerima, sehingga proses pilkada bisa berjalan aman dan damai.

Sementara itu, dalam pelaksanaan kampaye damai dihibur oleh artis Mita Tahalatu pelantun lagu Motor Metik, Cinta Sakota lagu ambon itu.(Sube/kemal)