Tindaki Laporan Masyarakat, DPRD Kabgor Perintahkan Inspektorat Untuk Mengaudit

oleh -18 views

Rapat dengar pendapat Komisi l DPRD kabupaten Gorontalo dengan pelapor dan terlapor, diruang rapat DPRD selasa 09/10/2018.(foto Thoger).

Gorontalo, Suaralidik.com – Untuk menindak lanjuti laporan masyarakat Pentadio Timur, Komisi l DPRD Kabupaten Gorontalo memerintahkan Inspektorat untuk melakukan audit terhadap kebijakan Kepala Desa Pentadio Timur terkait dugaan penyalahgunaan anggaran dana Desa 2017.

Hal ini terungkap pada rapat dengar pendapat antara komisi l DPRD dan masyarakat sebagai pelapor serta kepala desa pentadio timur yang terlapor diruang rapat DPRD kabupaten gorontalo, selasa 09/10/2018.

Ketua Komisi l Jayusdi Rivai sekaligus pimpinan rapat, mengatakan bahwa rapat hari ini merupakan rapat yang kedua terkait pemeriksaan beberapa poin kebijakan kepala desa pada dana angaran 2017 dan 2018 yang didigua oleh sekelompok masyarak tidak sesuai.

“Dari hasil rapat hari ini, kita temukan ada beberapa hal terkait surat menyurat yang beredar dimasyarakat, tanpa dipahami oleh masyarakat tersebut, namun kami juga menemukan sesuatu yang memerlukan pemeriksaan khusus sehingga kami meminta inspektorat untuk memeriksanya.”tutur Jayusdi.

Mulai hari ini, sambung Jayusdi, Ispektorat akan melakukan pemeriksaan di desa pentadio timur dan meminta waktu selama satu minggu untuk menyelesaikan perseolan ini.

“Diluar itu kami berharap pemerintahan bisa berjalan secara optimal dan baik, sehingga kami meminta dinas PMD agar mengundang seluruh anggota DPD dan kepala desa untuk melakukan rapat penguatan kelembagaan, sehingga pemerintah desa bisa berjalan dengan baik.”tutur Ketua komisi l.

Ditempat yang sama kepala Desa Pentadio Timur Tamir Ali kepada awak media membantah tudingan dari masyarakatnya, ia merasa apa yang dilakukannya sudah sesuai dengan mekanisme.

“Ada beberapa tuntutan yang meraka sampaikan, dan hari ini kami telah klarifikasi, saya merasa apa yang saya lakukan sudah sesuai dengan mekanisme, namun tingkat kepuasan masyarakat saya nilai masih kurang.”kata Kades.

Ia juga menagakui siap menghadapi Tim Inspektorat yang akan melakukan pemeriksaan khusus terkait beberapa laporan yang dinilai perlu dilakukan pemeriksaan kembali.

“Saya sangat siap dengan kedatang tim karena seluruh program yang saya jalankan di Pentadio Timur sudah sesuai dengan prosedur ada, dan apa yang dituduhkan oleh sekelompok masyarakat itu tidak benar.”tegas Tamir Ali.(RDJ).