Tinggalkan Sampah Berserakan, Kepedulian Sampah ASN Kabgor Dipertanyakan

oleh -45 views

Sampah berserakan usai apel ASN dan tenaga kontrak lingkup pemerintah kabgor, ditaman budaya Limboto,(foto Thoger).

Gorontalo, Suaralidik.com – Kesadaran Aparatur Sipil Negara (ASN) kabupaten Gorontalo (Kabgor) akan sadar kepada sampah dipertanyakan oleh masyarakat.

Hal ini diungkapkan Irfan Amu (21), warga kelurahan Hunggaluawa kecamatan Limboto, usai menyaksikan apel ASN dan tenaga kontak lingkup pemerintah Kabgor, ditaman budaya Limboto, Selasa 09/04/2019.

Menurut Irfan, sampah akibat kegiatan pemerintah daerah seharusnya diamankan pada tempatnya saat acara sedang berlangsung. Atau dibersikan dulu sebelum meninggalkan lokasi kegiatan bukan dibiarkan berserakan begini.

“Seharusnya saat menggelar acara besar seperti ini, pemerintah derah tak meninggalkan sampah. Ini merusak pemandangan dan kami merasa terganggu dengan keadaan ini,”keluh Irfan yang ditemui awak media sedang duduk santai menikmati pemandangan taman budaya.

Irfan berkesimpulan bahwa apa yang dilihatnya hari ini mencerminkan ASN kurang kesadaran terhadap kebersihan. Dan kampanye sadar sampah yang digembar-gemborkan oleh pemerintah hanya berlaku untuk masyarakat dan bukan bagi para pejabat pemerintah maupun ASN sendiri.

“Bila menggelar sebuah acara tolong lokasi penyelenggaraannya tinggalkan dalam keadaan bersih, bukan seperti ini,”harap Irfan.

Ditempat terpisah kepala bidan Amdal dan Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Indrimawaty Alulu
mengatakan, pihaknya telah menyediakan tempat sampah dibeberapa tempat, dan itu diumumkan kepada para peserta sebelum dilaksanakannya kegiatan.

“Sudah diumumkan bahwa telah disediakan tempat untuk membuang sampah buat masing-masing SKPD. Sepertinya itu tak dimanfaatkan oleh peserta. Apakah kami harus memperingati satu persatu bahwa mereka bukan anak TK lagi?,”keluh Indriwati.

Menurut Indrimawaty Alulu, kepedulian kebersihan bermula dari diri sendiri. DLH telah memberikan surat edaran kepada seluruh SKPD hingga ke kecamatan untuk meminimalisasi penggunaan sampah plastik.

“Kami telah memberikan contoh. bahkan dilokasi kegiatan tadi, kami dari dinas DLH menyediakan peralatan makan minum non sampah, jadi kami sangat menyayangkan sikap ASN kurang sadar terhadap sampah.”tutup Indriwati Alulu.(***Rollink).