Tingkatkan Promosi Sutera, Ini yang Dilakukan Ketua Dekranasda Wajo dengan Manager Four Point

oleh -17 views
Penandatanganan Kerja Sama Persuteraan

WAJO, Suaralidik.Com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Wajo, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Wajo dengan General Manager Four Points By Sheraton Makassar, mengadakan MoU.

Keduanya sepakat menjalin kerjasama dalam Promosi Industri Persutraan sebagai salah satu upaya pengembangan Sutra Wajo kepada masyarakat baik secara nasional maupun internasional, dimana dirangkaikam dengan acara pembukaan Danau Tempe Streert Food Festival.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah dan Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin, meresmikan Gerai Silk of Sengkang dan Danau Tempe Street Food Festival, di Hotel Four Point by Sheraton, Sabtu, 9 November 2019.

Prof. Dr. H. M. Nurdin Abdullah dalam sambutannya menegaskan, negara-negara minim sumber daya alam, tetapi kaya dengan inovasi. Indonesia tidak kalah jika kekayaan yang ada dikawinkan dengan inovasi.

Ia mengapresiasi dan memuji Pemerintah Wajo, sudah mengambil langkah luar biasa menghadirkan gerai sutera ini. Hal ini merupakan terobosan yang sering didengungkan dan telah terealisasi. Kolaborasi dengan dunia usaha, dalam hal ini perhotelan, membuat biaya jauh lebih murah.

“Bupati Wajo, bahkan sampai ke Thailand mencari teknologi yang tepat untuk digunakan di Wajo. Konsul Jepang di Surabaya juga menfasilitasi peningkatan kapasitas, Kita kembalikan kejayaan sutera Wajo ini, kalau semua hotel bisa kolaborasi dengan 24 kabupaten kota, saya kira kita bisa menghasilkan sesuatu yang sangat baik,” jelasnya.

Sedangkan Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Gubernur dalam upaya kembali membangkitkan kejayaan dan industri sutera di Wajo, dengan melakukan FGD. Ia menyatakan, kerjasama ini akan terus dibangun, demi mendukung program pengembangan persutraan di Sulsel pada umumnya, dan di Kabupaten Wajo pada khususnya.

“Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus berlangsung, sehingga menjadi simbiosis mutualisme yang membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi semua pihak yang terkait,” kata Dr. H. Amran Mahmud

Dr. H. Amran Mahmud melaporkan kepada Gubernur, Gerai Silk of Sengkang ini akan berada di lobi hotel ini selama tenggang waktu yang cukup lama. Durasi kerjasama berlangsung selama tiga tahun dan tentunya akan terus diperpanjang bila memberikan efek positif sebagaimana yang diharapkan. Ini juga akan dimanfaatkan oleh Asosiasi Persutraan Kabupaten Wajo, untuk memamerkan produk-produknya kepada khalayak yang lebih luas.

Ia menambahkan, Danau Tempe Street Food Festival juga diadakan, yang merupakan event tahunan Marriot Bonvoy, secara khusus menampilkan kuliner khas Danau Tempe. Aneka makanan khas ini akan diperkenalkan kepada masyarakat modern pada era industri 4.0 saat ini, dengan maksud mengajak semua orang yang mencintai kuliner itu menjaga kelestarian dan keselamatan Danau Tempe.

“Hal ini merupakan upaya agar para wirausahawan lokal dapat memperkaya wawasan mereka, menggalang pasar modern untuk mengembangkan produknya. Tentu berharap kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo dan Four Points By Sheraton Hotel Makassar ini akan terus terjalin,” imbuhnya. (***ais)