banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Tingkatkan SDM melalui Kemampuan Menulis, DPN Lidik Pro Gelar Pelatihan Jurnalistik via Zoom

Dalam pemaparan pendahuluan, Bachtiar menjelaskan tujuan dan fungsi utama wartawan, perusahaan pers, organisasi pers hingga tentang Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) dan Undang-undang Dewan Pers.

Kemudian dilanjutkan dengan materi lainnya seperti kaidah-kaidah jurnalistik, sistem piramida terbalik, 5W + 1H, tehnik mengumpulkan informasi di lapangan, tehnik wawancara, dan contoh berita kepada peserta.

Guna mengetahui tingkat serapan peserta, Bachtiar Muslimin meminta kepada peserta untuk membaca sebuah modul latihan sebagai bahan dasar untuk memulai sebuah karya jurnalistik.

Usai membawakan materi, Ia mengingatkan dan menegaskan kembali agar peserta harus berani memulai menulis.

“Saya harap ada hasil dari pelatihan ini, saya meminta kepada peserta untuk berani melakukan kegiatan-kegiatan jurnalistik. Berani mencari informasi kemudian dituangkan kedalam bentuk karya jurnalistik yang akurat, jelas dan berimbang,” tegasnya.

Informasi lainnya yang dihimpun, kader Lidik Pro yang sudah mengikuti pelatihan masih diberikan kesempatan untuk konsultasi seputar kegiatan jurnalistik melalui aplikasi WhatsApp. ***