Tipu Pengusaha, Charly “Setia Band ” Terancam Hukuman Penjara 

oleh
Vokalis Setia band " Charly van Houten " - SUARALIDIK.com/REPRO

SUARALIDIK.com, BANDUNG– Charly Van Houten, Vokalis Setia Band kini menjadi tahanan Polda Jawa Barat dan telah ditetapkan menjadi Tersangka, Kamis (22/9/2016).

Musisi bernama lengkap Muhammad Charly van Houten (33) tersebut dilaporkan oleh seorang pengusaha berinisial Wira Pradana atas kasus Investasi Bodong atau Tindak Pidana Penipuan.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan kepada media bahwa, Charly ditetapkan sebagai tersangka sejak Selasa 20 September 2016. Namun kasus penipuan tersebut telah ditangani Polda Jawa Barat sejak 2015.

Yusri Yunus menjelaskan, korban sekaligus pelapor yaitu Wira Pradana, merasa dirugikan oleh Charly setelah melakukan kerja sama berupa investasi. Dalam kerja sama tersebut, Wira merupakan sebagai penanam modal saham di manajemen artis yang dipimpin Charly pada 2010. Pada awalnya, kerja sama antara Charly dan Wira berkaitan dengan produksi promosi tiga lagu senilai Rp 600 juta. Charly berjanji mendapatkan 40 persen setelah dipotong hak artis dan pihak manajemen.

Vokalis Setia band " Charly van Houten " - SUARALIDIK.com/REPRO
Vokalis Setia band ” Charly van Houten ” – SUARALIDIK.com/REPRO

‎”Tapi ternyata di dalam berjalan akta pendirian PT tersebut baru muncul pada Mei 2011. Dia menjual ternyata akte pendiriannya 2011, di dalam akta tersebut nggak ada nama Wira, justru yang ada lembar akta atas nama dia (Charly) dan istrinya. Sedangkan usaha bersama, ada modalnya Wira itu Rp 600 juta,” tutur Yusri.

Yusri melanjutkan, pada Desember 2010, Charly menjual satu lagu kepada Wira senilai Rp 50 juta untuk dipromosikan. Namun setelah lagu itu rampung, Charly malah menjual ke label Nagaswara.

Padahal lagu itu dijual dulu ke Wira. Jadi tanpa sepengetahuan Wira,” ujar Yusri.

Uang tersebut tidak pernah dikembalikan kepada Wira. Merasa ditipu, Wira pun melaporkan Charly ke Polda Jawa Barat. Akibat tiga permasalahan tersebut, Wira merugi sekitar Rp 940 juta.

Yusri menambahkan, atas Kasus Penipuan tersebut, Charly pun diduga telah melanggar Pasal 378 KUHPidana. Mantan personel band ST 12 itu pun terancam hukuman 4 tahun kurungan.

REPORTER ; lau

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com