Toraja Utara Dilanda Longsor, 2 Rumah dan 2 Kendaraan Tertimbun

oleh
Mitsibishi TS yang berhasil di evakuasi dari timbunan Longsor di Lembang Tikala Kecamatan Sesean Toraja Utara/ SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.com,TORAJA UTARA – Akibat hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan tanah longsor kembali terjadi di Lembang Sereale, Kabupatan Toraja Utara, Kamis (27/10/2016).

Longsor di akibatkan karena Gunung Tandiallona mengalami longsor akibat curah hujan yang berkepanjangan dengan intensitas yang cukup tinggi, mengakibatkan tertutupnya akses jalan yang menghubungkan jalur Tikale dan Sereale terputus.

Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CPn Jimy Sirait yang di temui di lokasi pada Jumat (28/10) mengungkapkan sekitar 3 KK yang terkena longsor dan 2 buah rumah mengalami kerusakan dimana ratusan penduduk disekitar longsor sudah diungsikan ke pihak keluarga yang aman.

Pasca kejadian Kodim 1414 Tana Toraja dan wilayah koramil bersama jajaran Polres Tana Torajà bersama Polsek Rantepao sudah mendatangi TKP dan menghimbau masyarakat untuk segera pindah agar terhindar dari bahaya yang mengintai karena kondisi lahan masih labil dan diperkirakan  akan terjadi longsor susulan ” ucap Jimmy.

LONGSOR TORAJA UTARA
Toraja Utara Longsor Lagi, 2 Rumah Tertimbun, Kamis (27/10) / SUARALIDIK.COM-LISNA

Ada 2 buah rumah warga tertimbun tanah longsor dan terbawa arus sungai yang cukup deras beserta 2 unit kendaraan roda 4 yg terjebak material longsor. Sementara kerugian masyarakat ditaksir sekitar Rp 1 Miliyar dimana sekitar 6 Ha sawah masyarakat gagal panen dan beberapa kerugian material lainnya seperti hewan dan ternak. Selain itu listrik di wilayah longsor mati akibat adanya beberapa tiang listrik yang tumbang.

Berdasarkan pantauan media di lokasi longsor pihak pemerintah Toraja Utara dalam hal ini dinas terkait yaitu BPBD dan Dinas Sosial sudah menurunkan bantuan ke lokasi dimana pihak BPBD  sudah menurunkan 2 escavator untuk membersihkan material lumpur yang menimbun ruas jalan dan sungai sementara dari Dinas Sosial sudah menurunkan bantuan makanan kepada warga yang mengalami musibah.

REP ; lisna

RED; suaralidik.com-andi awal