TP4D Bulukumba Siap Awasi Anggaran Dana Desa

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) kabupaten Bulukumba, menggelar sosialisasi dana Desa di ruang pola kantor Bupati. Kamis (24/8/17).

Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejaksaan Bulukumba, Yoga Pradila mengaku siap mendampingi Pemerintah Desa (Pemdes) dan mengawal peletakan dana desa.

Menurut Yoga, pengelolaan anggaran desa saat ini cukup banyak sehingga memang rawan. Ia pun mengingatkan para kepala desa yang hadir dalam sosialisasi agar bijak dalam mengelola anggaran.

” Kita mencoba mengingatkan, agar Desa hati-hati dalam penggunaan anggaran, selama berada dalam jalur, saya fikir akan aman-aman saja, nah ini tugas TP4D untuk terus mengingatkan, dalam upaya mengawal pembangunan daerah,” ujar Yoga.

Pada saat sesi tanya jawab seorang kepala desa mempertanyakan sistem TP4D.

“Namanya mengawal berarti memulai. Dan pada saat peletakan dana desa berarti TP4D harus mengambil suatu bagian. Sekarang bagaimana kah sistem TP4D untuk melakukan itu?,”

Sekertaris badan pengolahan keuangan Muh Arfan mengatakan jika ada laporan tentu akan dikonfirmasi dengan kepala desa terlebih dahulu.

“Pengawalan akan terus terpantau dalam pelaksanaan kegiatan dan dimana masyarakat itu memberikan laporan tentu akan kami komunikasikan dan konfirmasi dengan kepala desa”jawabnya.

PLT kepala inspektorat Bulukumba Sommeng juga menambahkan pemeriksaan inspektorat adalah pekerjaan tim.

“Pada pemeriksaan inspektorat ini adalah kerja sama tim. Jadi Petunjuk yang dapat kami sampaikan mana kala ada keraguan silahkan konfirmasi kepada tim kami. Kantor kami akan selalu terbuka untuk bapak dan ibu sekalian,” ujarnya.

Pelaksanan Tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Bulukumba, A. Kurniady saat ditemui mengatakan, Desa tidak perlu khawatir dalam membelanjakan anggaranya, selama membelanjakannya sesuai perencanaan yakni APBD Desa dan RKA sebagai rohnya diyakini akan aman.

” Kegiatan ini cuma mengingatkan kembali, 109 desa semua hadir, kita harap semua desa berada pada relnya masing-masing,” ujar Kurniady yang merupakan Kadis Perhubungan ini.

Rep: Indra Chaerunnisa