Tradisi Unik, Pemuda di Tellulimpoe Gelar Lomba Bakar Lemmang Terpanjang

oleh -
Lomba bakar lemmang
Lomba bakar Lemmang di Desa Saotengah bersama Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe

Sinjai, suaralidik.com – Masyarakat Desa Saotengah bersama Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe menggelar tradisi unik yaitu lomba membakar Lemang terpanjang, Minggu 24/6/18).

Lomba Bakar Lemang terpanjang ini digelar setiap tahunnya dan merupakan kegiatan kearifan lokal yang sering dilakukan oleh orang dahulu.

Tradisi ini diprakarsai oleh kelompok pemuda “Taruna Bikali” yang diikuti beberapa kelompok sebagai peserta dari kelompok pemuda dan masyarakat setempat.

Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Saotengah Hariyanto dan Kepala Desa Kalobba Taufiq, SS, berlangsung di lokasi air terjun Ulu Baruttung (ULBAR) Dusun Lappae I Desa Saotengah Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.

Kades Saotengah Hariyanto menyampaikan apresiasi semangat dan kebersamaan pemuda Bikali dalam melaksanakan kegiatan yang sifatnya menjunjung tinggi budaya dan menggali kembali kearifan lokal.

“Kami berterima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut, kendati hujan tak henti-hentinya lokasi belumpur tidak mengurangi semangat masyarakat untuk hadir dan kegiatan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu Kades Kalobba Taufiq,SS juga memberi apeesiasi atas telaksananya kegiatan ini dan msnantang para pemuda untuk berkreasi dalam menciptakan hal yang unik dan menarik.

“Kalau Desa Saotengah melaksanakan Lomba Bakar Leman Terpanjang, Desa Kalobba Lomba Nasu Cukka dan siap mengundang desa Saotengah “katanya.

Irham selaku Ketua Taruna Bikali mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara sedehana melalui partisipasi dan kerjasama pemuda Taruna Bikali dan didukung oleh masyarakat setempat. (***UYA KIM Saotengah/AaNd)