banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur, SMKN 3 Pare-Pare Laksanakan Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Guru Mata Pelajaran (Mapel) Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) SMKN 3 Pare-Pare, Faridah Amin, SE, MM, Bersama dengan Peserta Didiknya Membuat Telur Asin dari Batu Bata, Jum'at 30 September 2022.

Pare-Pare, SuaraLidik.com – UPT SMKN 3 Pare-Pare melaksanakan kegiatan Mata Pelajaran (Mapel) produk kreatif dan kewirausahan, yang diajarkan oleh Faridah Amin, SE, MM, mulai dari desain lebel, pembuatan produk, packing sampai pemasaran produk.

Dalam keterangannya, Farida Amin mengatakan bahwa, ini dilakukan oleh siswa dengan tujuan menumbuhkan entrepreneur mindset pada mereka sendiri.

“Alhamdulillah, kegiatan praktek ini disambut semangat oleh siswa dengan sangat antusias. Mereka sampai selesai seperti pembuatan telur asin dari batu bata, pembuatan lumpia, pembuatan saos ekonomis,” jelas Farida Amin, kepada Media Suara Lidik, Jum’at (30/09/2022).

“Ini merupakan pengalaman pertama dan mereka sadari setelah tamat, tidak semua bisa diserap oleh dunia kerja, terutama di bidang keahlianya. Sehingga kegiatan ini bisa memberikan mereka motivasi dan inspirasi untuk menjadi pengusaha setelah tamat sekolah,” sambungnya.

Menurut Faridah Amin, dengan kegiatan praktek ini, dapat memberikan manfaat bagi siswa, karena mereka bisa langsung mempraktekkannya sendiri, mulai dari mendesain sendiri, membuat produk, packing serta pemasarannya dilaksanakan sendiri oleh para siswa. Sehingga menumbuhkan keyakinan pada peserta didik bahwa mereka bisa dan mereka anak-anak hebat.

“Berani untuk mencoba, berani untuk berubah, untuk bangkit lebih kuat dengan ilmu yang mereka peroleh. Mereka bisa memiliki technical skill untuk modal mereka nantinya. Maka yang diperlukan adalah bagaimana mereka diberi ilmu dengan teori dan praktek nyata yang mereka butuhkan di masa depan,” katanya.

Oleh karena itu, sebagai guru, saya berusaha agar siswa saya memiliki entrepreneur mindset ke depan.

Kegiatan ini diberi nama, kelas bisnis dan sangat didukung penuh oleh Kepala UPT SMKN 3 Pare-Pare, Hj. Andi Raehana R, S.Pd, MM.

SMKN 3 Pare-Pare siap mencetak alumni hebat dan tangguh, yang berjiwa usaha mandiri, semangat dan selalu giat belajar, sebagai entrepreneur yang hebat.(*)