Tunjang Program Bupati, Dinsos Boltim Bakal Layangkan Usulan ke Kemensos

oleh -

Boltim,Suaralidik.com – Tujuan untuk menunjang program Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terkait penuntasan kemiskinan, Dinas Sosial (Dinsos) Boltim bakal melayangkan usulan ke erKementrian Sosial (Kemensos). Usulan yang dimaksud yaitu memberi bantuan kepada Kelompok Usaha Bsama (KUBE) dan rehab Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) sebanyak 150 unit.

Seperti yang disampaikan kepala Dinsos Boltim, Rudi S. Malah saat disambangi sejumlah awak media diruang kerjanya siang tadi, Senin (8/7/2019).

‘’Jika disetujui, kami rencanakan bantuan dari pusat itu akan dibagi di Tiga kecamatan yakni ; Kec. Kotabunan dan Motongkad khusus pesisir, dan Kec. Modayag khusus pedesaan. Namun semua itu tergantung dari kesiapan dana dari pusat,’’ bebernya.

Tujuan dari perencanaan tersebut lanjut Malah, tidak lain untuk menurunkan angka kemiskinan sekaligus penuntasan kemiskinan melalui program RTLH.
‘’Skala prioritas adalah masyarakat yang sudah memiliki lahan dan rumah. Sedangkan rumah yang mereka huni sudah tak layak untuk ditinggali, itu adalah syarat utama bagi calon penerima bantuan rehab RTLH sekaligus penerima KUBE,’’ sebutnya.

Agar tidak salah sasaran tambah dia, pihaknya akan perketat lakukan verifikasi dan validasi data akurat ditunjang dengan informasi dari pihak desa.

‘’Persyaratan dari pusat pun berbeda, karena mereka (Kemensos) sudah mengantongi nama-nama di basis data terpadu. Sehingga itu, kami akan mengambil alih untuk memberikan bantuan tersebut, namun sebelumnya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Dengan ini, masyarakat yang kurang mampu sudah bisa tinggal dirumah yang layak dan memiliki usaha sendiri,’’ tukasnya.(Bob).