UKM Kosaster Siin Unasman Penjaga Tradisi Budaya Di Universitas Al Asyariah Mandar

oleh

SULBAR, SUARALIDIK.COM, – Unit Kegiatan Mahasiswa sastra dan teater atau yang lebih dikenal dengan UKM Kosaster Siin Unasman merupakan salah satu Lembaga penyaluran bakat dan minat mahasiswa di Universitas Al Asyariah Mandar yang bergerak dalam pengembangan potensi mahasiswa di bidang pementasan teater, tari, musik, dan puisi. 2/12/2017.

UKM yang pada usia 14 tahun ini pada hari Sabtu tanggal 2 Desember 2017 akan menggelar Kembali Menggelar Pementasan Lembayung X Angkatan XIV 2017.

Pentas Lembayung merupakan salah satu agenda dalam kepanitiaan Penerimaan Anggota Baru (PAB) Angkatan XIV 2017 UKM Kosaster Siin Unasman yang setiap tahunnya diadakan.

“Kegiatan yang menjadi simbol awal penanaman jiwa seni dan budaya daerah ini memang diperuntukkan untuk Calon Anggota Baru UKM KOASTER SIIN sehingga tradisi budaya daerah melalui pementasan seni dapat terus terjaga” Ujar Ketua Umum UKM Kosaster Siin Unasman Muhammad Haerul Amin saat ditemui disela-sela kesibukannya mempersiapkan panggung out door acara.

Proses yang dilalui oleh calon anggota pun cukup panjang dimulai dari pengenalan UKM pada Ta’aruf kampus Universitas Al Asyariah Mandar, pengambilan dan pengembalian formulir, latihan hingga Puncaknya pada Hari Sabtu 2 Desember 2017 nanti.

Para calon anggota baru angkatan XIV UKM Kosaster Siin akan melakukan Pentas Lembayung sesuai divisi yang telah mereka pilih.

Divisi ini merupakan representatif dari tradisi budaya yang turun-temurun dibina di kosaster Siin Unasman, seperti Divisi Teater yang akan menampilkan Monolog “Dunia Dalam Koin”, Divisi Tari dengan konsep tari kreasi, Divisi Musik dengan paduan musik “Mamandar” dan “Lembayung” serta Divisi Sastra dengan pementasan Musikalisasi Puisi.

“Kegiatan pentas lembayung ini akan dihelat di Pelataran Kampus Unasman dengan konsep Out Door dan akan kesuksesannya menjadi syarat terakhir untuk bisa mengikuti pembayatan dan pengukuhan Calon Anggota Baru menjadi Anggota baru” Imbuh Ketua Umum UKM Kosaster Siin Unasman Muhammad Haerul Amin.

Saat dikonfirmasi lewat Media Sosial, Rektor Unasman Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si berharap dengan konsistensi dan kerja keras adek-adek mahasiswa UKM Kosaster Siin Unasman akan terus menjaga tradisi budaya Mandar melalui kegiatan-kegiatan seni yang dilakukan.

“Tentunya ini pun akan mejadi bekal pengalaman yang tidak terkira bagi mahasiswa kami” Tambah Doktor Sosiologi Politik dari UNM ini.(kemal)