Umbola: Pendamping Desa Harus Kerja Maksimal

oleh -14 views
Foto : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Slamet Umbola

BOLTIM, SUARALIDIK.COM – Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Pendamping Desa dalam mendampingi desa dari proses awal mengidentifikasi masaalah, melakukan perencanaan,  pelaksanaan dan  pelaporan evaluasi serta pelaksanaan kegiatan, itu tugas dari Pendamping Desa.

Demikian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Slamet Umbola , Kamis (21/3).

Kata Dia, Pendampingan yang di lakukan Pendamping Desa, bisa menggerak dan menambah kualitas desa dalam membangun desa itu sendiri. Sehingga jangan hanya bikin kekacauan dan bikin profokasi di desa.

“Jangan hanya membuat konfik di desa. Jika membuat konfik didesa, ada konsekwensinya yaitu akan dipindahkan,” tegas Umbola.

Mantan Kabag Humas Boltim ini menilai, pendampingan secara serius di desa  belum maksimal. “Contoh dalam proses perencanaan saja, masih banyak desa yang APBDesnya masih amburadul dan belum tertata dengan baik,” ketusnya.

Menurut Kadis, Pendamping Desa harusnya memberikan saran dan arahan kepada pemerintah desa,
Sebab mereka paham bagaimana menyusun APBDes.

Kadis pun mengimbau apa yang menjadi tupoksi dari pendamping desa harus benar-benar dilakukan.

“Tentunya kami berharap apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari pendamping desa, itu lakukan pendampingan di desa bukan pendampingan dirumah terus bikin laporan ‘pura-pura’ kemudian laporannya disuruh tandatangan,” lugasnya.

“Kepada Sangadi jika merasa pendampingan di desa tidak maksimal, jangan tandatangani laporan mereka (pendamping desa-red),” pungkasya.

Terkait hal ini, Koordinator  Pendamping Desa, Syahril Pasambunan, saat di konfirmasi mengatakan, apa yang disampaikan Kadis PMD tersebut adalah suport positif bagi Pendamping Desa.

“Menurut saya sendiri ini adalah suport positif dari Dinas PMD. Sementara dari  Pendamping desa juga, itu melekat sebagai Tupoksi fasilitasi terkait pendampingan. Dan sampai hari ini kerja dari pendamping desa sangat maksimal dalam melakukan pendampingan didesa,” lugasnya, Rabu (3/4).

“Intinya kerja pendamping desa sampai hari ini dalam melakukan pendampingan sangat maksimal. Bahkan sampai malam kami terus melakukan pendampingan. Dan apa yang disampaikan Kadis PMD, itu adalah suport positif bagi pendamping desa,” singkat Pasambuna.(***fibo)