Unik, Ibu-Ibu di Lingkungan Turungan Beru Herlang Ikuti Lomba Domino

oleh
Lingkungan Turungan Beru
Ibu-Ibu di lingkungan Turungan Beru Kelurahan Bonto Kamase Kecamatan Herlang Bulukumba adakan lomba Domino berhadiah, Minggu (30/4/17) / A2-SUARALIDIK

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com— Jika lazimnya main kartu Domino merupakan hobby dari para kaum lelaki, namun lain halnya dengan ibu-ibu di lingkungan Turungan Beru Kelurahan Bonto Kamase Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba.

Lingkungan Turungan Beru
Ibu-Ibu di lingkungan Turungan Beru Kelurahan Bonto Kamase Kecamatan Herlang Bulukumba adakan lomba Domino berhadiah, Minggu (30/4/17) / A2-SUARALIDIK

Ibu-ibu para istri dari nelayan Turungan Beru mempunyai kegiatan unik di setiap kegiatan syukuran baik perkawinan maupun kelahiran anak atau Aqiqah dengan menggelar lomba Domino. Tak hanya sekedar bermain domino yang dilakukan oleh puluhan kaum hawa tersebut, namun hadiah menarik turut di berikan oleh tuan rumah atau yang mempunyai hajatan.

Sebagaimana pantauan Redaksi SuaraLidik.com, Minggu (30/4/2017) di salah satu rumah warga bernama Abdul Halik yang sedang melaksanakan aqiqah anaknya, puluhan ibu-ibu nampak sedang asyik bermain domino di dalam maupun di luar rumah.

Menurut Tajuddin, salah seorang tokoh masyarakat Turungan Beru yang ditemui mengatakan bahwasanya kegiatan main domino yang digelar oleh ibu-ibu tersebut adalah merupakan tradisi di lingkungan Turungan Beru.

Ini adalah tradisi kami di Turungan Beru dinda, dimana setiap kegiatan syukuran baik itu perkawinan dan aqiqah anak, kami menggelar lomba domino yang di ikuti oleh para ibu-ibu rumah tangga, hadiah yang disediakan beragam tergantung dari kemampuan tuan rumah ” ujar Tajuddin.

Ditambahkan,hadiah yang diperlombakan pun mulai dari Kipas angin, Sarung, hingga perlengkapan rumah tangga.

Salah satu warga, Hasmah mengatakan dirinya juga ikut dalam lomba domino tersebut.

Iye, ini hanya ada di Turungan Beru Pak dan merupakan tradisi warga di sini ” tuturnya dalam logat Bululukumba.

Para ibu-ibu ini rupanya tampak antusias dan penonton pun terlihat ramai dan saling bersorak memberikan semangat kepada para pemain. (A2)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama