Untuk Menggerakkan Ekonomi, Pemkab Fasilitasi UMKM di Bolmong

oleh
Foto Sekda Bolmong Tahlis Gallang, saat membuka kegiatan peningkatan fasilitas terwujudnya kerja sama strategis antara usaha besar dan usaha kecil menengah.
Foto : Sekda Bolmong Tahlis Gallang, saat membuka kegiatan peningkatan fasilitas terwujudnya kerja sama strategis antara usaha besar dan usaha kecil menengah.

BOLMONG, Suaralidik.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu menggelar kegiatan peningkatan fasilitas terwujudnya kerja sama strategis antara usaha besar dan usaha kecil menengah. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang ini dilaksanakan dilantai II, kantor Bupati Bolmong Rabu (31/10/2018).

Tahlis dalam sambutannya menyampaikan, bahwa saat ini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bolmong belum berjalan maksimal. Padahal, dari BNI sudah menyediakan jatah Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 50 Miliar, namun saat ini baru tersalur Rp 27 Miliar. “Ini bukti bahwa UMKM di Bolmong belum bergerak secara maksimal. Nah, inilah yang akan di upayakan Pemkab untuk menggerakan UMKM di Bolmong,” ujar Tahlis.

Namun kata Tahlis UMKM yang ada di Bolmong harus jelas keberadaannya, mulai dari tempat usaha, jenis usahanya dan yang terpenting UMKM harus punya kemampuan dari segi pengetahuan. Karena ini sifanya kredit pinjaman jadi harus dikembalikan, dan sangat meringankan pelaku usaha, sebab bunganya kecil, ungkap Tahlis.

Untuk menunjang pelaku UMKM, Pemkab Bolmong akan membantu memberikan rekomendasi ke pihak bank untuk memberikan bantuan modal. Kedepan Pemkab akan fokus pada keahlian UMKM. Karena pengaruh UMKM kepada peningkatan perkonomian itu sangat besar. “Apalagi ini adalah salah satu misi Pemkab Bolmong untuk mewujudkan daya saing ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumberdaya alam dan kearifan lokal,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan Bank BNI Cabang Lolak, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pimpinan Alfamart Sulut, Pelaku Usaha, Camat dan Sangadi. (***Is)