Untuk Pengamanan Aksi Demo 4 November 2016,TNI Siagakan Panser Anoa

oleh
Illustration image : Panser Anoa

Jakarta – TNI menempatkan satu unit panser anoa di Glodok, Jakarta Barat. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi peristiwa yang tidak diinginkan saat demonstrasi 4 November.

“Karena histori sebelumnya, masyarakat pecinan menjadi trauma dan memiliki rasa takut mendalam,” kata Dandim 0503 Jakarta Barat Letkol Inf Wahyu Yudhayana di lokasi, Kamis (3/11/2016) malam.

Panser Anoa ditempatkan di halaman LTC Glodok. Panser tersebut mulai terparkir pada sekitar pukul 00.30 WIB.

“Anoa kita tempatkan di LTC Glodok, tiga SSK (Satuan setingkat kompi) kami sebar di beberapa lokasi seperti Taman Sari, Kembangan, Kebon Jeruk, Tambora dan Palmerah,” ucap Wahyu.

Tiga SSK Pasukan berasal dari SSK 301 Kiansantang Sumedang ditempatkan di Lampu Merah dan Pasar Slipi, Taman Anggrek, Central Park, dan Citra Land. SSK Rudal 03 Arhanudse di kawasan Taman Sari, sedangkan SSK Marinir Cilandak di kawasan Roxy Square, Season City di Tambora, RCTI dan Metro TV di Kebon Jeruk.

“Ke semua SSK itu akan dipecah lagi menjadi SST (Satuan Setingkat Peleton), jumlah sekitar 30 personil,” kata Wahyu.

Menurut Wahyu, tindakan pengamanan yang dilakukan tidaklah berlebihan. “Panglima mengatakan ini merupakan SOP Ibu Kota,” kata Wahyu.

Pengamanan yang dilakukan oleh TNI merupakan bentuk kerja sama antara TNI-Polri. Selain tiga SSK yang telah disebutkan, terdapat bantuan empat SSK di kawasan Jakarta Barat, mereka terdiri dari dua SSK Paskas dan dua SSK Brimob dari Bangka Belitung.

“Cuman untuk teknisnya ada di tangan kepolisian,” kata Wahyu. (dhn/dhn)