Up-Date Korban Tsunami, Pengungsi Berangsur Pulang dan Butuh Petugas Keamanan

oleh -17 views
Foto : Kombes Pol. Dra. Sulistyaningsih. Kabid Humas Polda Lampung

LAMPUNG, Suaralidik.Com – Para pengungsi yang di lapangan tenis indoor Kalianda berangsur-angsur pulang ke Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku. Informasi terkini itu disampaikan Kabidhumas Polda Lampung Kombes Sulistiyaningsih saat meninjau lokasi pengungsian di Tenis Indoor Kalianda pada Senin, (7/1/2019).

“Semula pengungsi mencapai 2 ribu sekarang tinggal 300 pengungsi yang masih menetap di pengungsian,” ungkap Sulistiyaningsih.

Berdasarkan data di posko kesehatan, para pengungsi memeriksakan diri sebanyak 119 warga yang kebanyakan anak-anak menderita ispa dan diare. Data RSUD Bob Bazar menyebutkan sampai dengan Senin (7/1/2019) jumlah warga meninggal dunia 118 orang (RS: 47 dan diluar RS: 71)

Disebutkan pula, kerugian yang terjadi adalah ; Rumah : 710 unit rusak, Hotel : 7 unit rusak, – Masjid : 7 unit rusak, Sekolah : 6 unit rusak, Warung Kuliner : 25 unit rusak, Kendaraan R4 : 14 unit rusak, Roda 2 100 unit rusak, Perahu : 190 unit rusak.

Sementara itu data pengungsi di wilayah hokum Polsek Penengahan, di Balai Desa Totoharjo sudah tidak ada pengungsi. Seluruh pengungsi telah kembali ke daerah/ desa asal sejak Hari Sabtu (05/1/2019) Pukul 15.00 WIB.

Secara umum kondisi pengungsi dalam keadaan sehat. Namun kendala yang terjadi adalah pembagian makan yang terlalu minim oleh tim relawan. Para pengungsi juga membutuhkan aparat keamanan dalam rangka menghindari pelaku pemalakan.(***Edo)