, ,

Upst !! 2 Kali Ulang Tahun Bulog, Beras Raskin Masih Ada di Gudang Kalumassang… Pantas Beras Raskin Desa Benteng Malewang Sudah Berwarna Hitam dan Berbau

oleh
Tim investigasi LIDIK Pro saat berada di Gudang Bulog Kalumassang, Kamis (15/6/17) || SUARALIDIK.com

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com — Terkait temuan beras untuk konsumsi rumah tangga miskin (raskin)yang berdebu dan hitam kecoklatan oleh Kepala Desa Benteng Malewang Kecamatan Gantarang , Muhammad Amir, Bulog Sub-Divisi Regional (Subdivre) Bulukumba menyatakan bahwa pihaknya lepas tanggung jawab atas temuan itu.

Tim investigasi LIDIK Pro berbincang dengan Sekurity Gudang Bulog saat berada di Gudang Bulog Kalumassang, Kamis (15/6/17) || SUARALIDIK.com

Penyaluran beras raskin merupakan tugas dari Divisi Gudang yang mendistribusikan ke kantor desa atau kelurahan. Diterima atau ditolak seharusnya saat diserahkan ke aparat desa atau kelurahan. Jika keluhannya setelah diterima RTS-PM kami ragu apakah beras itu kiriman kami,” kata salah seorang staf Bulog Subdivre Bulukumba yang enggan menyebutkan namanya, Kamis (15/6/17) siang saat ditemui DPD LSM Lidik Pro Bulukumba untuk meminta klarifikasi Kepala Bulog Bulukumba, Abdul Hamid Majid atas berita raskin tidak layak konsumsi yang terpublikasi di media Suara Lidik.com, namun yang bersangkutan sedang tidak berada ditempat sehingga staf Bulog yang memberikan penyampaian.

Kita temui mi saja Kepala gudang atas nama Hendrick di Gudang Bulog Kalumasang ” ketus pegawai Bulog Bulukumba tersebut.

Haryanto Syam, Ketua DPD LSM Lidik Pro Bulukumba bersama tim kemudian menuju Gudang Bulog Kalumassang untuk menemui Hendrick, Kepala Gudang Bulog. Namun, lagi-lagi sang kepala gudang menurut security Gudang Bulog juga sedang tidak berada di Bulukumba.

Maaf pak, Kepala Gudang sedang berada di Palopo menghadiri acara keluarganya dan staf serta humas juga sedang keluar ” ujar Securuty gudang Bulog kalumassang.

Tim investigasi LIDIK Pro saat berada di Gudang Bulog Kalumassang, Kamis (15/6/17) || SUARALIDIK.com

Sewaktu disinggung terkait temuan beras Raskin di Desa Benteng Malewang yang tidak layak di konsumsi dan berbau menyengat, Security Gudang Bulog tersebut menyampaikan bahwasanya beras yang akan di distribusikan ke Desa/Kelurahan benar berasal dari gudang.

Benar itu pak, Beras Raskin di ambil dari gudang sini, dan biasanya stok beras lama yang di habiskan dulu. Setahu saya masih banyak beras yang sudah 2 kali Ulang Tahun Bulog masih ada di dalam gudang. Tapi kalau kita mau lebih jelas, kita temui saja pak Hendrik minggu depan ” ujar sang sekuriti.

Ketua DPD LSM Lidik Pro, Haryanto Syam menilai rendahnya pengawasan raskin Subdivre Bulukumba akibat lemahnya koordinasi antara Kasubdivre dengan bawahan terutama dengan Kepala Gudang Bulog.

Kasubdivre sekarang lemah dalam koordinasi juga pembinaan pegawai. Kasubdivre harusnya melibatkan banyak pegawai di semua lini untuk menyukseskan target pencapaian penyerapan raskin. Karena Bulog itu target kinerjanya raskin. Hasil penelusuran kami, potensi SDM di Subdivre Bulukumba kurang dioptimalkan dengan baik, terutama di gudang Kalumassang,seperti ada one man show,” ujar Haryanto. (SYAMSIR/RED2)