banner 728x250

UPT SPF SD Inpres Cilallang Melaksanakan Simulasi ANBK di Hari Kedua

  • Bagikan
SD Inpres Cilallang

Makassar, SuaraLidik.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) SD Inpres Cilallang melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di hari kedua, Selasa (19/10/2021) pagi.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini merupakan program baru dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

banner 728x250

Dalam melaksanakan simulasi ANBK tersebut, nampak pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat kepada siswa sebelum memasuki ruangan. Mulai mengecek suhu tubuh, mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir, memakai masker dan tentunya menjaga jarak.

Kepala Sekolah SD Inpres Cilallang, Dra. Hj. Hasniah menjelaskan bahwa, siswa yang ikut ANBK berasal dari kelas 5 yang sudah dipilih secara acak dari dinas. Jadi total siswa yang ikut dari kelas 5 sebanyak 35 orang.

“Dimana pelaksanaan simulasi ANBK di hari kedua sempat mengalami kendala, seperti server eror. Namun bisa diatasi dengan baik dan dapat selesai dengan tepat waktu”,ujar Hj. Hasniah.

“Ada 3 instrumen utama dalam Asesmen Nasional, yakni Asesmen Kompetensi Minumum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar”,jelasnya.

Hj. Hasniah mengatakan bahwa, ANBK ini tidak menentukan siswa naik atau tidak naik kelas. ANBK ini bertujuan untuk mengetahui tingkat capaian belajar rata-rata murid secara nasional.

“Jika di Ujian Nasional itu menentukan lulus atau tidak, Asesmen Nasional Berbasis Komputer bukan seperti itu, melainkan memetakan tingkat capaian belajar murid secara rata-rata. Dan tentunya untuk mengetahui capaian belajar rata-rata setiap sekolah, setiap daerah maupun secara nasional”,tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *