Usai DPRD Sulsel, Ratusan Buruh PHK PT Lonsum Bulukumba Akan Mengadu ke DPR RI

oleh

MAKASSAR, Suaralidik.com – Ratusan buruh Pemutusan Harapan Kerja (PHK) oleh dua estate PT London Sumatera (Lonsum) tbk, di Kabupaten Bulukumba, menyerbu gadung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan. Kamis (10/8/17).

Aksi Unjuk Rasa Ratusan Buruh PHK PT Lonsum beberapa waktu lalu.

Ratusan buruh yang tiba di kantor DPRD itu akhirnya di arahkan rapat dengar pendapat (RDP) dengan menghadirkan pihak dari PT Lonsum, tbk.

RDP yang berlangsung di lantai dua gedung DPRD Propinsi Sulsel tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi E bidang kesejahteraan rakyat, Kadir Halid mengatakan, dalam waktu dekat ini Komisi E akan mengunjungi lokasi perkebunan karet PT. LONSUM Kabupaten Bulukumba.

Perwakilan pihak PT. LONSUM Rusli yang hadir pada RDP tersebut, menjelaskan, PHK yang dilakukan oleh manejemen PT. LONSUM Estate Balombessie dan Palangisang adalah karena efisiensi perusahaan.

“Itu alasannya, kalau karyawan tetap tidak terima maka lanjutkan saja ke Pengadilan Hubungan Industri (PHI),” kata Rusli.

Sementara itu, tim Advokasi, Basri Lampe dari Forum Perjuangan Buruh Kabupaten Bulukumba menilai lain. Menurut dia, pihaknya hanya menuntut mekanisme PHK yag dilakukan pihak Lonsum.

“PHK mereka lakukan dengan sepihak, itu saja yang kita minta transparnsinya, tapi selama ini selalu dikaburkan. Kalau tidak selesai di sini, kita akan mengajukan RDP lagi di DPR RI,” kata Basri di gedung DPRD Provinsi Sulsel usai RDP.

Lanjutnya, “Kita tidak ingin perlakuan PT Lonsum yang semena-mena ini terus berlanjut. Makanya advokasi juga akan terus dilakukan.
Jangan salahkan karyawan ketika bertindak atas apa yang mereka anggap benar,” tegas Basri. (Damar/ RED 4)