Wabub Sergai Pantau Langsung Pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Sei Bamban

oleh
Wabub Sei Bamban
Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) untuk tingkat SMP Sederajat Tahun Ajaran 2018 bertempat di SMP Negeri 1 Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Senin (23/4)

Sei bamban,suaralidik.com– Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) untuk tingkat SMP Sederajat Tahun Ajaran 2018 bertempat di SMP Negeri 1 Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Senin (23/4).

Hadir : Wabup Darma Wijaya, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Ketua Dewan Pendidikan Agus Marwan beserta jajaran, Camat Sei Bamban Jarmen Sijabat, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, S.Sos, Sekcam Sei Rampah Sri Rahayu, S.Sos, Kasek SMPN 1 Sei Bamban Sudariyono, S.Pd, Kasek SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon M. Akip Lubis, SE, Kasek MTs Al-Washliyah 27 Firdaus Drs. Rusydi, beserta Pengawas UNBK/UNKP.

Peninjauan diawali di SMPN 1 Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, berdasarkan laporan dari Kepala Sekolah SMPN 1 Sei Bamban Sudariyono, S.Pd, peserta UNBK/UNKP disekolah tersebut berjumlah 287 orang dengan perincian Laki-laki 133 orang dan Perempuan 157 orang.

Kemudian rombongan melanjutkan peninjauan ke SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon, Data yang didapat dari Kasek SMP Muhammadiyah 17 Desa Pon M. Akip Lubis, SE bahwa Jumlah peserta UNBK/UNKP adalah 75 orang dengan perincian Laki-laki 30 orang dan Perempuan 45 orang.

Selanjutnya peninjauan berakhir di MTs Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah. Kasek MTs Al-Washliyah 27 Firdaus Drs. Rusydi menyampaikan jumlah peserta dari sekolah tersebut berjumlah 77 orang dengan perincian laki-laki 44 orang dan perempuan 33 orang.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik dalam laporannya menyampaikan sekolah yang menyelenggarakan UNBK/UNKP Tahun 2018 ini berjumlah 163 sekolah. Sedangkan jumlah keseluruhan siswa peserta UNBK/UNKP se-Kabupaten Sergai adalah 11.770 siswa yang berasal dari SMP/MTs Negeri dan Swasta, serta Paket B dan Paket C.

Disela-sela peninjauan Wabup Darma Wijaya berharap pelaksanaan UNBK/UNKP ini berjalan lancar dan kondusif dan tanpa hambatan serta tingkat kelulusan mencapai 100% . Dalam hal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa tidak dirugikan karena hitungan waktu dihitung ketika online, untuk koneksi merupakan wewenang pusat dan diharapkan tidak terjadi gangguan. Sedangkan untuk Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pinsil (UNKP) dapat memakai waktu yang seperti biasa.

Untuk UNBK/UNKP Tingkat SMP Sederajat Tahun 2018 ini akan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 23-26 April 2018 dengan jadwal pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Sementara untuk Pengawas UNBK/UNKP berjumlah 376 orang dengan menerapkan sistem silang mengawas. Pelaksanaan UNBK/UNKP tersebut juga dimonitoring oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. (***maren)