banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Sosial  

Wabup Bersama DPMPTSP dan Tenaga kerja Bulukumba Jemput Langsung PMI Deportan Malaysia di Parepare

Wabup Andi Edy Manaf bersama Kabid Tenaga Kerja Bulukumba saat menyambut 75 PMI deportan Malaysia di ParePare

Ini bertujuan meminimalisir PMI Deportan asal Bulukumba akibat terkendala kepemilikan dokumen seperti paspor.

“PMI yang deportan rata-rata karena bermasalah pada dokumen, mereka berangkat ke Malaysia tanpa memiliki dokumen yang lengkap. Bahkan ada yang berani masuk ke negara Malaysia bermodalkan KTP kemudian terjaring operasi dan selanjutnya ditahan dan dideportasi,” jelasnya.

A. Minarmi Pangki berharap agar CPMI melakukan pengurusan dokumen yang baik dan benar agar tetap mendapatkan perlindungan selama di negara tujuan hinga pemulangan.

“Khusus untuk menerbitkan paspor, CPMI harus memiliki rekomendasi ID dari DPMPTSP dan Tenaga Kerja, 2 bulan terakhir ini, Alhamdulillah, sudah kurang lebih 100 pemohon ID untuk penerbitan paspor, semua Kami layani dengan baik, untuk mendapatkan ID, tidak dikenakan biaya sama sekali”, kata A. Minarmi Pangki.

Selain itu, Ia menghaturkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba khususnya Wakil Bupati H. Andi Edy Manaf yang terjun langsung bersama-sama melakukan penjemputan PMI deportan di Pelabuhan Parepare.

Informasi lainnya, DPMPTSP dan Tenaga Kerja Bulukumba akan kembali melakukan sosialisasi rekom ID untuk penerbitan paspor serta pencegahan penempatan pekerja migran non prosedural bersama dengan instansi terkait.