Wabup Pohuwato Hadiri Kegiatan Kebudayaan Suku Sangihe Tulude

oleh -
Amin Haras
Foto : Wabup Pohuwato, Amin Haras saat disambut dengan adat Sangihe oleh warga Karangetang Kecamatan Dengilo, Jumat (31/01),(foto Iwan/Humas).

POHUWATO, Suaralidik.comTulude atau tolak bala dalam bahasa kebudayaan masyarakat suku Sangiihe khususnya yang ada di Desa Karangetang Kecamatan Dengilo di gelar pada, JumatĀ  31/1/2020.

Kegiatan tolak bala tersebut turut dihadiri Wakil Bupati,  Amin Haras dan didampingi Camat Dengilo, Nakir Ismail.

Kegiatan diawali penyambutan secara adat sangihe dari depan kantor desa karangetang menuju lapangan atau pusat pelaksanaan tulude.

Dalam sambutannya Wabup Amin Haras menjelaskan,  dalam rangkaian upacara adat tulude ini dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat Sangihe di beberapa desa yang ada di Puhuwato dengan hari yang sama, dimana ada  juga sebagian warga Nusa Lawo berada di desa Londoun.

“Memang acara ini masih merupakan tradisi adat turun temurun dari leluhur yang di dalamnya mengandung makna syukuran, walaupun ini merupakan nilai adat, tapi yang intinya pengucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa terhadap perjalanan hidup pada tahun 2019, selalu disyukuri nikmat yang masih sempat dinikmati dan bentuk kenikmatan yang pernah dilaksanakan” ungkap Wabup.

“Karena warga Sangihe sudah menjadi penduduk Pohuwato tradisi adat Tulude pun sudah menjadi milik Pohuwato, yang harus kita jaga dan pelihara bersama khasanah adat yang kita yakini, dan itu tidak bisa di pungkiri” jelas Wabub.

“Olehnya perlu ada pengkaderan, sehingga kedepannya tradisi ini terjaga. Dan selaku pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mendukung tradisi ini. Supaya semua tradisi yang ada di pohuwato tetap terjaga dan dapat dilaksanakan terus menerus” tukas Amin.(Hitler).

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60