Wabup Pohuwato Minta Sejarah Paguat di Seminarkan

oleh -
Amin Haras
Foto : Wabup Pohuwato, Amin Haras (tengah) menyanyikan lagu Indonesia Raya, saat menghadiri Musrembang Kecamatan Paguat, Selasa (28/01),(foto Iwan/Humas).

POHUWATO, Suaralidik.com – Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras berharap, sejarah lahirnya Kecamatan Paguat yang belum banyak diketahui oleh sebagian orang dapat di seminarkan.

Menurut Wabup, sebagai kecamatan tertua, tentu Kecamatan Paguat memiliki sejarah yang perlu diketahui oleh semua orang. Dimana hingga saat ini camat yang menjabat di kecamatan paling timur pohuwato sudah yang ke 55 orang sejak camat pertama pada tahun 1858.

“Dimana pada tahun 1858 Kecamatan Paguat sudah ada dan dijabat oleh Camat Lebi Dunggio (1858-1864),” jelas Wabub saat menghadiri Musrembang di Kecamatan Paguat, Selasa 28/01/2020.

Melihat susunan pejabat yang pernah memimpin Kecamatan Paguat maka kecamatan ini berarti tertua yang ada di pohuwato.

“Jadi, embrio Pohuwato ini adalah Paguat, sehingga itu saya sampaikan ke Camat bagaimana ini kita seminarkan. Kita gali sejarah Paguat, karena ini adalah kota yang bersejarah” jelas Wabup.

“Berada sejak 162 tahun yang silam, tentu Kecamatan Paguat memiliki sejarah, bangunan berupa rumah model dulu, tugu, bangunan yang ada di TPI hasil peninggalan Belanda, Masjid di Desa Sipayo (rehab sekarang), tambur, tombak dan lainnya masih ada dan tersimpan” Sambung Wabub Amin

“Berdasarkan hasil peninggalan zaman dulu,  maka sejarah Paguat bisa diangkat dan diseminarkan serta didiskusikan untuk memperoleh informasi sejarah yang pasti,  sehingga Paguat ini bisa ditetapkan sebagai kota tua yang bersejarah” pintanya ke peserta Musrembang yang hadir.(Hitler).

HUT Kabupaten Pinrang Ke-60