Wagub Dorong Rancangan Pengembangan SDM Untuk Memanfaatkan Bonus Demografi

oleh -0 views
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman

Jakarta, Suaralidik.Com — Indonesia saat ini telah mengalami bonus demografi hingga 2038. Indonesia diperkirakan akan mencapai puncak dari bonus demografi di 2040, oleh karena itu diperlukan kualitas Sumber Daya Manusia agar mampu memanfaatkan bonus demografi.

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia menggelar seminar nasional dengan tema “Pembangunan SDM unggul untuk memanfaatkan peluang bonus demografi menuju Indonesia maju pada RPJMN 2020-2024”.

Gubernur Lemhanas RI, Letjen. Purn. Agus Sudibyo mendorong Provinsi untuk merumuskan road map mengelolah dan memanfaatkan bonus demografi.

“Seminar ini menghadirkan 5 Kementerian yang bersinergi dengan 3 Provinsi yang menjadi pilot projek dan berhasil merancang road map bonus demografi,” ujarnya di Kantor Lemhanas, Jakarta, Jumat (20/9).

Dalam seminar ini beberapa perwakilan Kepala Daerah melalui seminar nasional tersebut masing-masing mempresentasikan upaya pengembangan road map tersebut.

Juga di paparkan upaya sinergi dan sinkronisasi perencanaan pemerintah pusat mengenai implementasi flatform pengembangan manusia unggul Indonesia.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman sangat antusias mengikuti acara, beliau juga berharap Pemprov sulsel bisa merancang road map pengembangan SDM unggul untuk memanfaatkan bonus demografi.

“Ini sangat diperlukan, untuk meningkatkan produktivitas daya saing SDM, mengentaskan kemiskinan. Yang menjadi salah kunci salah satunya meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mendorong terlaksananya pengembangan SDM,” jelasnya.

“Sulsel harus memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga harus diupayakan dan di raih dengan arah kebijakan yang tepat, sehingga memungkinkan masyarakat Sulsel untuk menyadari potensinya sebagai masyarakat yang produktif,” sambungnya.(###ais)