Wagub Sulsel : Kekuatan Agama dan Kekuatan Budaya Menjadi Kekuatan Besar

oleh -
Andi Sudirman Sulaiman, Wagub Sulawesi Selatan

Makassar, Suaralidik.Com — Secara resmi Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengukuhkan Pengurus Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan No : 183/I/Tahun 2019, tentang pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Dewan penasehat forum kerukunan umat beragama Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019-2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan kegiatan ini dirangkaikan dengan rapat kordinasi Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Kabupaten/Kota Se- Sulsel.

“Dihadiri 100 orang, kegiatan pengukuhan ini di rangkaikan dengan rapat kordinasi yang mengangkat tema “Membina kerukunan dan toleransi antar umat beragama”, ujarnya.

“Tantangan kedepan kita tidaklah sederhana masalah kerukunan umat beragama merupakan tantangan bagi kita, FKUB sangatlah strategis dalam menjaga berlangsungnya kehidupan berbangsa dan bernegara.” tambahnya.

Pengukuhan dilaksanakan di ruang Rapat Pimpinan kantor Gubernur Sulsel, Senin (23/9) Untuk itu Wagub berpesan semoga peran Forum Kerukunan Umat Beragama menjadi instrument penting dalam menjaga kerukunan dan persatuan NKRI.

“Kekuatan agama dan Kekuatan kebudayaan menjadi kekuatan besar tersendiri dalam memperjuangkan kemerdekaan, banyak unsur golongan agama yang terlibat saat merebut kemerdekaan, akan tetapi cita citanya sama, bersatu untuk kemerdekaan, untuk bangsa dan negara,” jelas Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam kesempatan ini, Wagub mengingat bahwa komunikasi dengan Forum Kerukunan Ummat Beragama sudah sangat sering ia lakukan.

“Diskusi dengan forum kerukunan umat beragama sudah sangat sering saya lalukan, baik melalui komunikasi langsung ataupun melalui telepon seluler. Dulu sempat kami diskusi jelang pilpres, Kesbangpol dan FKUB memfasilitasi yang di laksanakan di rujab, Sebab saat itu, kita tidak mau proses politik jualannya isu sara,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini ketua Asosiasi kerukunan ummat beragama Indonesia, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet dan Kepala Pusat Kerukunan Ummat Beragama Kemenag RI.(###ais)