Walhi Sul-Sel Gelar Aksi Solidaritas Dukung Petani Kendeng Di Losari Makassar

oleh

Lidik Makassar  – Aksi solidaritas Kendeng di gelar Pantai Anjugan Pantai Losari, Makassar, Rabu (29/03/2017). Aksi yang inisiasi Aktivis Walhi Sulsel dan puluhan Aktivis Lingkungan serta piluhan Mahasiswa Pecinta Alam Makassar.

Aksi ini untk mendukung Petani Kendeng untuk mealawan pendirian pabrik semen di Rembang. “Menolak dengan tegas segala bentuk kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik semen di Rembang,” jelas Muhammad Al Amin, Aktivis Walhi Sulsel.

Lanjutnya lagi, Walhi Sulsel secara tegas menolak pembangunan pabrik PT. Semen Indonesia karena jika tetap dilanjutkan maka akan mengancam tersingkirnya lahan pertanian seluas 58.368 Ha. “Konsistensi perlawanan petani di Kendeng karena didasarkan pada kekhawatiran hilangnya 109 mata air, serta mengancam 49 gua dan 4 sungai bawah tanah.” tambah Amin.

Selain itu, Walhi Sulsel juga menyorot puluhan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di kawasan Karst yang ada di Kab. Maros, Pangkep dan Barru Provinsi Sulsel. “Di sini (Sulawesi Selatan), kondisinya memang tidak seburuk di Rembang, namun kejadian ini bisa jadi pelajaran bahwa perlindungan kawasan karst itu sangat penting,” papar Amin.

Menurutnya ancaman hilangnya sumber sumber air menjadi sesuatu hal yang sangat dikhawatirkan masyarakat sekitar karst. Alhasil perlawanan masyarakat merupakan satu-satunya cara yang ditempuh masyarakat guna memperatahankan kelestarian karst, terutama di kawasan Maros-Pangkep Barru.

Adhe