Walikota Manado Kembali Raih Penghargaan Setyalencana Kebaktian Sosial Dari Presiden

oleh

MANADO, Suaralidik.com – Peran besar Pemerintah Kota (Pemkot) Manado meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui aksi-aksi kesetiakawanan sosial, kembali membuat Walikota GS Vicky Lumentut meraih penghargaan Setyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden.

Melalui Kementrian Sosial, penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Vicky Lumentut oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani didampingi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Timur Sukarwo pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/12/2017).

Dalam sambutannya Menko PMK mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk tidak melupakan sejarah lahirnya HKSN.
“Lahirnya HKSN ini tidak terlepas dari semangat gotong royong untuk membantu sesama anak bangsa yang membutuhkan bantuan. Selain itu, untuk menjaga kebersamaan dan rela berkorban bagi perjuangan negeri ini,” tandas Puan Maharani.

Sementara itu, Walikota Manado, Vicky Lumentut menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang terus memberikan perhatian kepada Pemkot Manado khususnya dalam peningkatan kesejahteraan dibidang sosial, terutama bantuan ketika Kota Manado mengalami bencana alam.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang terus memperhatikan kepentingan Kota Manado baik bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maupun bantuan disaat Kota Manado mengalami beberapa kali bencana seperti banjir dan tanah longsor,” kunci orang nomor satu di Manado itu.

Terkait penyerahan penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo, Vicky menegaskan penghargaan tersebut merupakan wujud kebersamaan aparat pemerintah dan didukung masyarakat Kota Manado dalam kerja sosial selama ini.

“Penghargaan yang diserahkan ibu Menko PMK yang saya terima hari ini di Surabaya, merupakan karya dan kerja keras kita bersama, bukan hanya kerja Walikota atau Wakil Walikota ataupun aparatur pemerintah Kota Manado, tetapi dukungan penuh masyarakat Kota Manado. Terima kasih untuk semuanya, penghargaan ini didedikasikan untuk kita semua yang ada di Manado,” tukasnya.

Walikota pilihan rakyat Manado itu hadir mengenakan jas dan berpeci, didampingi isteri tercinta yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS. Selain Kota Manado, wakil Sulawesi Utara lainnya yang menerima penghargaan dalam HKSN yang mengangkat tema Kesetiakawanan sosial perekat keberagaman adalah Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap.

Tampak mendampingi Walikota Manado, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Manado, Sammy Kaawoan dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene.

Sementara, praktisi kebijakan Unsrat, Ferry Daud mengapresiasi keberhasilan Pemkot Manado dalam menyabet Penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial. Ia berpendapat hal itu Harus dimaknai dengan semangat bekerja agar lebih giat lagi. Artinya Penghargaan ini mengingatkan semua jajaran aparat Pemkot Manado bahwa setiap apa yang dibuat ternyata menjadi perhatian pihak lain.

“Prestasi ini selain mendorong pemkot bekerja lebih giat namun juga bisa memotivasi Pemerintah daerah lain. Prestasi ini harus jadi contoh di daerah lain,” tutur Liando Praktisi Kebijakan Unsrat saat dikonfirmasi Via What’s Up. (DeonYW)