Walikota Manado Tegaskan Sanksi Bagi ASN dan THL yang Tambah Libur

oleh

MANADO, Suaralidik.com – Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 telah usai. Khusus di Pemkot Manado, Sulawesi Utara, Aparatur Sipil Negara (ASN) sedikit menikmati libur yang baru berakhir hari ini, Selasa (2/1/2018).

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut menegaskan akan memberi sanksi bagi ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) jajaran pemkot Manado yang tambah libur. Ia berharap Apel Kerja Perdana tahun 2018 yang bakal dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala Manado Rabu (3/1/2018) pagi besok, tidak ada lagi ASN maupun THL Pemkot Manado yang tidak hadir.

“Saya berharap libur panjang dalam rangka hari raya Natal tahun 2017 dan Tahun Baru tahun 2018 lebih meningkatkan semangat kerja kita di tahun baru ini. Tidak ada lagi ASN maupun THL dijajaran Pemerintah Kota Manado yang malas-malas, bahkan tidak hadir dalam Apel Kerja Perdana ini,” kata Vicky.

Dirinya juga mengaku telah menginstruksikan kepada Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Manado untuk memberikan sanksi tegas bagi ASN yang tidak disiplin serta tidak hadir dalam Apel Kerja Perdana tahun 2018.

“Saya yakin ASN dan THL di jajaran Pemerintah Kota Manado adalah aparat yang rajin dan selalu mengutamakan disiplin. Namun, jika ada yang coba-coba melanggar dan menambah libur sendiri saya sudah instruksikan BKD agar memberikan sanksi tegas,” tambahnya.

Namun juga, meminta para kepala Perangkat Daerah agar memberi contoh yang baik kepada anak buahnya serta memberikan teguran keras jika ada yang tidak patuh pada aturan.

“Para pejabat harus jadi contoh bagi bawahannya. kalau ada staf dan tenaga honorer yang ‘kabal’ dan tidak taat aturan harus ditegur kalau perlu diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Vicky.

Sebelumnya, Pemkot Manado telah mengeluarkan surat edaran Nomor 800/B.04/BKD/1696/2017 tentang apel kerja pasca cuti bersama Tahun Baru 2018 tertanggal 22 Desember 2017, seiring menindaklanjuti seruan Walikota terkait pelaksanaan apel kerja perdana tahun 2018. Surat edaran tersebut ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Rum Dj Usulu dan ditujukan kepada seluruh para kepala Perangkat Daerah agar mengerahkan ASN beserta THL agar hadir dalam apel kerja di Lapangan Sparta Tikala.

Merespon langkah bijak dari Walikota, Legislator partai Hanura Robrert Laoh Tambuwun berpendapat, mengindahi SK cuti bersama yang diteken oleh Wagub Steven OE Kandouw kemudian direspon secara tanggap oleh Walikota Manado.

“Melalui instruksi apel perdana yang ditujukan langsung kepada seluruh ASN dan THL dalam ruang lingkup Pemkot, telah membuktikan Walikota kita bukan cari pencitraan. Melainkan kinerja nyata Pak GSVL so kase lia,” kunci Obe, Sapaan akrabnya. (DeonYW)