Walikota Vicky Lumentut Ingatkan Apel KORPRI Bukan Seremonial

oleh

Manado, Suaralidik.com – Apel perdana tahun 2018 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dilaksanakan di lapangan Sparta Tikala Manado, Rabu (17/01).

Walikota DR.Ir GS Vicky Lumentut SH.,MSi DEA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Usulu mengingatkan anggota KORPRI Pemkot Manado agar tidak menganggap apel KORPRI sebagai kegiatan seremonial semata, tetapi sebagai bentuk disiplin dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat.

“Momentum untuk memperbaharui semangat dan dedikasi kita dalam melayani masyarakat,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Lanjut dikatakan, sebagai aparatur pemerintahan dengan orientasi tugas melayani masyarakat, anggota KORPRI dituntut untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mengimbangi intensitas kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis.

“Seiring perkembangan teknologi yang telah memberikan efek secara langsung terhadap seluruh aspek dalam kehidupan masyarakat, pemerintah dituntut untuk bisa responsif dengan kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tanpa mengabaikan azas efektifitas serta kualitas layanan yang diberikan,” tukas Walikota pilihan rakyat Manado itu, seperti dikutip Sekda Usulu.

Terkait program pro rakyat janji politik Walikota Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, menurut orang nomor satu di Manado itu, telah tertata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado tahun anggaran 2018.

“Program-program prioritas pembangunan yang pro rakyat di Kota Manado, telah diagendakan melalui APBD Kota Manado tahun anggaran 2018, dimana program-program tersebut bermuara pada satu tujuan utama yaitu kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Manado,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, jelas mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tersebut, harus mampu meningkatkan kemampuan teknis individual sesuai bidang tugas masing-masing.

“Akan tetapi, kemampuan teknis yang baik saja tidak cukup, harus dibarengi dengan kemampuan berperilaku,” tegasnya, seraya mengajak segenap anggota KORPRI Kota Manado untuk meningkatkan integritas diri dalam melaksanakan tugas. “Laksanakan tugas dengan orientasi kepentingan umum dan kepentingan masyarakat, bukan semata-mata kepentingan pribadi atau golongan,” pungkas Walikota Vicky Lumentut.

Apel KORPRI bulan Januari 2018 diikuti anggota KORPRI Pemkot Manado, para Asisten, kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Manado, dengan mengenakan pakaian seragam KORPRI.(kemal).