Waoo Hebat, Rumah Baca 1986 Menjadi Menyaji Literasi

oleh

BULUKUMBA–Lidik Sulsel-, Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986, Rumah Baca yang terletak di area Taman Cekkeng Nursery Kabupaten Bulukumba yang kini semakin bergerilya mengajak anak-anak dan masyarakat untuk membaca.

Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986 yang di ketuai oleh Basmawati Haris ini, buka setiap hari mulai pukul 15.00-19.00 WITA. Rumah Baca ini bekerja sama dengan Komunitas Sekolah Sastra Bulukumba dan Kucang Pustaka.

Buku yang ada di Rumah Baca ini adalah buku milik pribadi pengelolah dan beberapa buku dari hasil donasi beberapa orang yang peduli gerakan literasi.

Motivasi dengan adanya Rumah Baca ini adalah, bagaimana membaca menjadi tradisi, karena dengan membaca, kita dapat menemukan banyak hal, karena pada bacaanlah kita dapat mengetahui dunia luar dan biografi setiap pemikiran para tokoh-tokoh dunia misalnya.

Mengajak masyarakat, mengajak anak-anak untuk membaca itu tidak mudah, harus ada trik-trik tertentu untuk menarik mereka mencintai buku.

Menurut Basma, “Tidak mudah mempengaruhi anak-anak untuk membaca buku, kami kadang menyiapkan doorprize atau hadiah-hadiah tertentu untuk mengajak dan membuat mereka betah untuk membaca”, tutur Basma.

Selain membuka rumah baca setiap harinya, pengelolah Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986 bekerja sama dengan Kucang Pustaka untuk membuka Lapak Baca di beberapa titik/Area baca di kabupaten Bulukumba.

“Selain membuka rumah baca setiap harinya ini, setiap 2 kali seminggu kami membuka lapak baca untuk masyarakat sekitaran kota Bulukumba, kami biasa membuka lapak di lapanganUjungbulu-20160523-01309

Anak-anak sangat antusias menikmati buku-buku di Rumah Baca 1986 di komplek taman Cekkeng
Anak-anak sangat antusias menikmati buku-buku di Rumah Baca 1986 di komplek taman Cekkeng

Ujungbulu-20160523-01314

pemuda dan taman cekkeng” Ketua Rumah Baca, Jelasnya.

Harapannya semoga gerakan yang mereka para pengelolah lalukakn bisa berguna untuk banyak masyarakat dan senantiasa meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Bulukumba.

#AL