Waoo, Ternyata, Desa Tritiro Adalah Desa Prestasi

oleh

SuaraLidik.com –Bulukumba, Desa Tritiro Yang merupakan Desa selama ini selalu memberikan warna tersendiri bagi Kabupaten Bulukumba. Saiful Amar, SE, Kepala Desa Tritiro, “Desa Tritiro berkali-kali telah meraih juara. Pada tahun 2008, juara lomba desa tingkat kabupaten Bulukumba dan pada tahun yang sama, mewakili Kabupaten Bulukumba ke tingkat Sul-Sel,” jelasnya. “Pada 2011, Tritiro kembali meraih juara 1 melalui lomba Posyandu Tingkat Kecamatan. Dan pada tahun 2015, Juara 2 posyandu terbaik tingkat kabupaten Se-Bulukumba. Setelah itu, pada 2015, juara harapan 1 Puskesdes (Pusat Kesehatan Desa) tingkat kabupaten Bulukumba dan terpilih sebagai pencanangan desa percontohan bebas narkoba. Dan baru-baru ini, terpilih sebagai desa percontohan bebas rokok Tahun 2016,” kata Pak desa yang dipercaya oleh rakyatnya untuk memimpin desa selama 2 (dua) periode.
Ia juga menjelaskan bahwa sekarang ini masih berkonsentrasi menjalankan program kesehatan. Desa Tritiro diberi kepercayaan mewakili Kabupaten Bulukumba untuk ikut lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) Tingkat Sul-Sel setelah dilakukan seleksi seluruh desa di sepuluh Kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Kegiatan pembinaan di mulai sejak pertengahan Tahun 2015 sampai saat ini, dan Kegiatan pembinaan dari SKPD terkait dan BkKbn, dinas kesehatan.
Kegiatan desa yang kearifan nya seluruh pengurus GSI, ambulance, Dasolin (dana sosial ibu bersalin)
Pak Iful, sapaan akrab Pak Desa tersebut melanjutkan, “komitmen kami selaku kepala desa Tritiro bahwa lomba ini tidak hanya seremonial semata tetapi akan terus dilanjutkan sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat”, Jelasnya.

 

Yang hebatnya didesa Tritiro, Ambulance Desa itu mobil masyarakat yang di berikan SK kan oleh Kepala Desa untuk mengantar ibu hamil dan ibu melahirkan di Puskesmas atau sarana kesehatan.

#Anto Lidik