Warga: 59 Tahun Umur Bulukumba, Belum Pernah Putra Daerah ke Senayan, Tidak Malu?

oleh -

BULUKUMBA, — Keinginan masyarakat di kabupaten Bulukumba untuk melenggangkan putra daerah ke DPR RI semakin tak terbendung.

Hal itu dibuktikan saat ratusan warga perwakilan dari 10 kecamatan di Bulukumba menyambangi kediaman H. Askar, Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Kamis 21 Maret 2019.

Warga tersebut sengaja berbondong-bondong mendatangi H. Askar dengan maksud memberikan dukungan kepada putra daerah yang mereka juluki sebagai Andalanta itu.

Menurut warga, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mendudukkan putra daerah di parlemen Senayan.

“59 tahun kini umur kabupaten Bulukumba, namun belum pernah putra daerah lolos ke Senayan (DPR RI),” ujar salah seorang tokoh masyarakat, Suardi Umar membacakan pernyataan dukungan dari 10 kecamatan dihadapan H. Askar.

Saat ini, lanjut dia orang Bulukumba harus sadar betapa pentingnya mendukung putra daerah sebagai keterwakilan di pusat, dikarenakan beberapa hal vital. Apalagi dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang besar, jika bersatu mereka yakin akan mendudukan putra daerah.

“Malu selaku orang Bulukumba jika dengan angka jumlah pemilih tiga ratus ribu lebih, namun tak mampu mendudukan H. Askar di Senayan,” imbuhnya.

Hal tak kalah penting lainnya adalah, H. Askar disebut paham dengan Bulukumba dan kebutuhan warganya, mengerti kebutuhan daerah di berbagai sektor yang bisa mendorong pembangunan daerah.

“Figur pak Haji (H. Askar) yang kami kenal merupakan sosok pembangun sektor pertanian, perdagangan dan olahan hasil bumi di Bulukumba. Orang Bulukumba pasti tahu hal ini, bagaimana beliau ini ingin melihat pembangunan di Bulukumba maju,” tambah tokoh asal kecamatan Ujungloe itu.

Dengan pengalaman sebagai legislator DPRD Bulukumba selama dua periode,  ketua PPP Bulukumba itu diyakini memiliki kapasitas dalam menjalankan tugasnya, kapabilitas yang menyangkut fungsi legislasi, bujeting dan pengawasan.

Yang lebih penting, porsi kebutuhan anggaran ke daerah akan bertambah dengan keterwakilan putra daerah di DPR RI.

“Warga Bulukumba sudah nyaman dengan memilih H. Askar sebagai caleg asal daerah sendiri, sebab lebih dikenal, lebih jelas rekam jejaknya, dan lebih bisa dipercaya membangun daerahnya,” jelas dia.

Di sisi lain, kesadaran politik warga Bulukumba dengan memilih putra daerah maka akan lebih gampang menuntut pertanggungjawaban setelah terpilih.

“Warga Bulukumba tidak mau terjebak lagi dengan mengulang hal-hal terdahulu dengan memilih orang luar yang tidak pernah merasa harus membangun daerah setelah terpilih sebagai anggota legislatif,” tukas Suardi.

Sementara itu, H. Askar selaku putra daerah merasa bangga dengan kesadaran warga. Dirinya menuturkan hal tersebut merupakan kemajuan berpikir warga Bulukumba dalam berpolitik.

“Kami merasa terharu dengan pernyataan dukungan ini. Saya tak mau berjanji tapi insyaallah, jika diberi amanah, apa yang menjadi harapan kita untuk Bulukumba akan saya perjuangkan di pusat,” tandas H. Askar merespon pernyataan warga.

Untuk diketahui, menjelang hari pemilihan 17 April mendatang, H. Askar memang dukungan.

Menariknya, wargalah yang mendatangi Runner-Up Pilkada Bulukumba 2015 itu untuk mensupport nya sebagai caleg putra daerah.